... mohon doa restu semoga mereka menjadi perwira yang tangguh dan ksatria untuk menjaga dirgantara Indonesia...
Yogyakarta (ANTARA News) - Ribuan warga Yogyakarta dan sekitarnya memadati Jalan Malioboro untuk menyaksikan kirab calon perwira remaja Akademi Angkatan Udara tahun 2017, Sabtu sore, sebagai bentuk pamitan.

Inilah salah satu tradisi yang selalu dilaksanakan dari generari ke generasi karbol/taruna Akademi Angkatan Udara yang sebentar lagi menamatkan pendidikan di kampus itu, dan menjadi perwira remaja TNI AU dengan pangkat letnan dua.

Gubernur Akademi Angkatan Udara, Marsekal Muda TNI Iman Sudrajat, menyampaikan, kirab ini merupakan bentuk ungkapan pamit dari para karbol AAU yang baru saja melaksanakan penutupan pendidikan dan wisuda serta segera dilantik menjadi perwira TNI AU pada 25 Juli, di Istana Negara, Jakarta.

"Kirab pamit ini juga bentuk ucapan syukur dan terima kasih kepada masyarakat Yogyakarta yang telah mendukung terlaksananya pendidikan para taruna secara baik. Kami mohon doa restu semoga mereka menjadi perwira yang tangguh dan ksatria untuk menjaga dirgantara Indonesia," katanya.

Kirab pamit calon perwira remaja itu dimeriahkan drumband Gita Dirgantara, barongsai, komunitas motor gede, pasukan bergodo, rampak kendang karbol, dan brass band karbol AAU.

Di sepanjang jalan antusiasme masyarakat begitu luar biasa bahkan di titik nol kilometer Yogyakarta, saat para karbol/taruna melintas memberikan penghormatan kepada Sudrajat, Wakil Gubernur Akaddmi Angkatan Udara, Marsekal Pertama TNI Fachri Adamy, beserta jajaran muspida DIY.

Di sepanjang Jalan Malioboro, drumband Gita Dirgantara menampilkan atraksi yang memukau masyarakat di antaranya dengan lagu Yogyakarta yang menyatu dengan masyarakat Yogyakarta.

Yang juga memukau adalah terbang lintas dalam formasi pesawat Cessna dan tim aerobatik Jupiter TNI AU, dengan kelir panah merah-putih di tubuh pesawat latih KT-1B Wong Bee.

Kirab calon perwira remaja Akademi Angkatan Udara itu berakhir di alun- alun utara. Para perempuan rekan mereka memberi bunga, pun juga warga Yogyakarta kepada para karbol/taruna Akademi Angkatan Udara sebagai ungkapan selamat dan salam perpisahan.

Terima kasih Yogyakarta, kelak kita bertemu lagi...

Pewarta: Victorianus Pranyoto
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017