Selama bulan kemerdekaan ini, kita akan merangkai dengan banyak sekali kegiatan yg dilakukan bukan hanya masyarakat yang ada di Jakarta, tetapi juga masyarakat seluruh Indonesia, di seluruh lapisan masyarakat."
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Sekretariat Negara dan Badan Ekonomi Kreatif mempersiapkan sejumlah acara menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-72 di sejumlah daerah di Indonesia antara lain Jakarta dan Makassar, Sulawesi Selatan dan Bandung, Jawa Barat.

"Selama bulan kemerdekaan ini, kita akan merangkai dengan banyak sekali kegiatan yg dilakukan bukan hanya masyarakat yang ada di Jakarta, tetapi juga masyarakat seluruh Indonesia, di seluruh lapisan masyarakat," kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno saat jumpa pers mengenai persiapan acara Bulan Kemerdekaan 2017 di halaman tengah Istana Merdeka, Jakarta pada Jumat.

Menurut Pratikno, institusinya bersama Bekraf menyiapkan rangkaian mulai dari pameran lukisan koleksi istana kepresidenan, dzikir kebangsaan, hingga perayaan sejumlah hari besar perayaan seperti Hari Kebangkitan Teknologi Nasional, Hari Pramuka dan Hari Konstitusi.

Mensesneg mengatakan pameran lukisan istana kepresidenan pada 2017 bertajuk Senandung Ibu Pertiwi akan menampilkan koleksi-koleksi di istana yang belum ditampilkan pada pameran lukisan tahun lalu.

Pameran lukisan itu akan dibuka pada 1 Agustus 2017 dan berlangsung selama 1 bulan.

"Kita juga akan menyelenggarakan dzikir kebangsaan, dengan tema Mensyukuri Nikmat Kemerdekaan di halaman Istana Merdeka pada pukul 19.30 WIB pada tanggal 1 Agustus," kata Pratikno.

Acara dzikir itu akan diikuti oleh sejumlah ulama dan para santri yang diundang dari berbagai pondok pesantren.

Sementara itu Kepala Bekraf Triawan Munaf mengatakan kemeriahan acara tidak hanya diselenggarakan oleh kementerian dan lembaga tetapi juga sejumlah asosiasi swasta melalui pentas seni saat Hari Bebas Kendaraan di sepanjang Jalan MH Thamrin-Sudirman dengan tema-tema tertentu pada tanggal 6, 13, 20 dan 27 Agustus.

Baik kementerian, lembaga dan sejumlah perusahaan swasta akan menampilkan video-video sederhana dan mengibarkan bendera serta meneriakkan slogan peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-72 yaitu "Ayo Kerja Bersama".

Unit Kerja Presiden Pemantapan Ideologi Pancasila (UKP PIP) juga akan mengadakan acara dalam rangkaian perayaan kemerdekaan yaitu penganugerahan tanda jasa dan tanda kehormatan pada 15 Agustus 2017.

Selain itu UKP PIP juga akan meramaikan perayaan kemerdekaan dengan menyelenggarakan pentas seni Festival Prestasi Indonesia sebagai apresiasi kepada warga yang berprestasi dan memberikan inspirasi keteladanan kepada anak bangsa pada 22 Agustus 2017.

Sebagai acara penutup perayaan HUT Kemerdekaan RI Ke-72, Bekraf dan Kemensetneg menggelar Karnaval Kemerdekaan di Kota Bandung, Jawa Barat.

"Karnaval kemerdekaan ini melibatkan seluruh provinsi dan seluruh pekerja seni pertunjukan dan budaya dari seluruh Indonesia untuk datang ke Bandung menyelenggarakan dan menyemarakkan pentas budaya," ujar Triawan.

Selain Karnaval Kemerdekaan di Bandung, pemerintah akan mengundang klub sepakbola ternama yang akan bertanding melawan tim futsal kepresidenan dan Kabinet Kerja sebagai penutup Bulan Kemerdekaan 2017.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017