Bengkulu (ANTARA News) - Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin menilai Bengkulu berhasil menghidupkan suasana damai di tengah umat dan meminta mampu terus menjaga dan mempertahankannya.

"Di sini peran pemuka agama untuk menjaga suasana dan mengajak umat tetap bisa mempertahankan perdamaian, saya bersyukur di Bengkulu kehidupan antarumat beragama selalu damai," kata dia di Bengkulu, Senin.

Dia mengutip sebuah hadis yang menyebutkan apabila baik ulama dan pemimpin atau salah satunya, maka kehidupan umat manusia di wilayah itu akan baik pula.

"Artinya dalam konteks yang lebih luas adalah pemuka agama, kalau pemuka agama menciptakan kedamaian, umat juga akan damai," kata dia lagi.

Lukman menyampaikan hal tersebut pada pembinaan bagi ASN Kementerian Agama, Provinsi Bengkulu dan pertemuan tokoh lintas agama setempat.

Untuk aparatur sipil negara jajaran Kementerian Agama Bengkulu, Menag Lukman menekankan harus tetap disiplin dan maksimal dalam melayani umat.

Sementara itu Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Bustasar memastikan pegawainya selalu meningkatkan kinerja dalam bertugas, ikut menjaga kerukunan umat beragama dan kebinekaan.

"Kami membuktikan itu dengan meraih predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) untuk pengelolaan, dan menjaga kebhinnekaan dan kerukunan umat dengan memaksimalkan tenaga penyuluh," ujarnya.

Kemenag setempat lanjut Bustasar juga berperan aktif membangun Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) sampai ke tingkat kecamatan.

(T.KR-BLW/N002)

Pewarta: Boyke LW
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017