Bandung (ANTARA News) - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menyebut partisipasi masyarakat Bandung luar biasa dalam menyambut penyelenggaraan Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017.

Mensesneg Pratikno di Taman Vanda, Kota Bandung, Sabtu, mengatakan Karnaval Kemerdekaan menjadi cerminan kerja bersama yang luar biasa.

"Kita konsisten ya, pesan kita jelas sebagai bangsa majemuk kita bisa bersama harus melakukan lompatan kemajuan, bersaing dalam persaingan global yang ketat itu, ini jelas kerja bersama luar biasa partisipasi masyarakat Bandung Jawa Barat luar biasa termasuk daerah daerah lain," kata Pratikno.

Ia menyambut baik keterlibatan penuh masyarakat Kota Bandung dan sekitarnya dalam menjelang dan saat pelaksanaan karnaval tersebut.

Kota Bandung sendiri dipilih sebagai tuan rumah acara karnaval salah satunya karena selama ini dikenal sebagai kota kreatif, kota seni, dan kota yang penuh inovasi.

"Jadi luar biasa kita akan membuat bench mark baru dibandingkan yang menjadi basis dari tahun-tahun sebelumnya," katanya.

Tahun sebelumnya karnaval kemerdekaan digelar di Sumatera dan pada 2015 digelar di Kalimantan.

Rencananya tahun depan karnaval serupa akan digelar di provinsi yang lain.

Pratikno berpendapat, potensi karnaval sangat besar sebagai basis kebudayaan yang luar biasa.

"Dengan kekayaan kita kemudian ini membangun kekuatan sosial yang luar biasa seperti solidaritas, toleransi lain, dan lain-lain tapi jangan lupa juga politik ini kerja bersama sebagai sebuah bangsa," katanya.

Ia juga melihat karnaval kemerdekaan sebagai upaya mempromosikan industri kreatif Indonesia yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan.


Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017