Medan (ANTARA News) - Pemerintah Singapura meningkatkan status konsulatnya di Kota Medan menjadi Konsulat Jenderal dalam upaya lebih meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia dengan Singapura yang saat ini sudah memasuki tahun ke-50.

Menteri Luar Negeri Singapura, Vivian Balakrishnan, di Medan, Selasa, mengatakan, peningkatan status tersebut tentunya akan membuat lebih banyak hal yang bisa dikerjasamakan antara Singapura dengan Sumatera Utara yang tentunya akan menguntungkan kedua belah pihak.

Tahun ini, kata dia, adalah tahun yang sangat spesial bagi Indonesia dan Singapura, dimana tahun ini adalah tahun yang ke-50 hubungan diplomatik antara kedua negara.

"Ke depan tentunya kerja sama itu harus terus dikembangkan dan salah satunya yang kita lakukan adalah dengan meningkatkan status konsulat di Medan dan Batam menjadi Konsulat Jenderal," katanya.

Sementara Konsul Jenderal Singapura di Medan, Mark Low, mengatakan, dengan meningkatkan status tersebut akan lebih banyak ruang lingkup yang bisa dilakukan dengan pemerintah daerah setempat, seperti kerja sama bidang ekonomi, budaya, pendidikan dan sosial.

"Yang lebih penting lagi adalah bagaimana hubungan masyarakat antara kedua negara dapat lebih ditingkatkan. Intinya dengan peningkatan status tersebut, kita ingin hubungan antara Singapura dengan Sumatera Utara dapat lebih dekat dan erat," katanya.

Menurut dia, Sumatera Utara memiliki potensi yang cukup besar, terutama di bidang pertanian dan perkebunan seperti misalnya kelapa sawit yang memang lahanya cukup luas di provinsi itu.

"Indonesia sekarang sedang fokus pada pembenahan Danau Toba agar menjadi destinasi wisata kelas dunia. Tentunya peluang itu harus dapat kita manfaatkan dengan sebaiknya, bagaimana kita juga turut terlibat dalam pengembangan Danau Toba yang pada akhirnya sama-sama menguntungkan," katanya.

Direktur Asia Tenggara Kementerian Luar Negeri, Denny Abdi, dalam kesempatan yang sama mengatakan, pihaknya sangat mengapresia peningkatan status konsulat Singapura di Medan menjadi Konsulat Jenderal.

"Dengan peningkatan status ini tentunya Pemerintah Singapura akan lebih meningkatkan kapasitas kerja samanya di Sumatera Utara dalam hal memperkuat hubungan dengan Indonesia," katanya.

Dengan peningkatan status tersebut, lanjut dia, tentunya harus bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin oleh masyarakat Indonesia dalam hal melihat peluang untuk berkembang, baik sektor ekonomi maupun budaya dan pendidikan.

Pewarta: Juraidi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017