Gorontalo (ANTARA News) - Sebanyak 716 jiwa atau 186 kepala keluarga terdampak banjir yang merendam empat desa di Kecamatan Bone, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Minggu.

Untuk Desa Masiaga terdapat 63 KK atau 289 jiwa, Desa Muara Bone 49 KK atau 187 jiwa, Desa Mooduliyo 33 KK atau 131 jiwa dan Desa Taludaa 41 KK atau 109 jiwa. Total 186 jiwa atau 716 jiwa.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daeah (BPBD) Kabupaten Bone Bolango Gagarin Hunawa, Minggu malam, mengatakan, penyebab banjir adalah hujan yang melanda daerah itu sejak Sabtu (8/9) pada pukul 18.00 Wita hingga Minggu pukul 04.00 Wita.

"Hujan yang terus mengguyur daerah itu mengakibatkan sungai Taludaa meluap ditambah dengan air dari pegunungan di daerah tersebut," ungkapnya.

Penanganan awal yang dilakukan oleh tim BPBD adalah mengevakuasi penduduk bersama Taruna Siaga Bencana (Tagana), Kampung Siaga Bencana (KSB) dan relawan.

"Kita juga telah menyalurkan makanan siap saji kepada seluruh korban banjir yang berjumlah 716 orang karena hingga sore hari belum bisa melaksanakan aktivitas di dalam rumah yang masih terendam air," ujarnya.

Namun pada malam ini Gagarin mengatakan bahwa semua korban banjir telah kembali ke rumah masing-masing karena air sudah mulai surut.

"Walaupun air sudah mulai surut, personil BPBD, Tagana, KSB dan relawan masih berada di posko banjir dan disiagakan jangan sampai ada banjir susulan," katanya.

Pewarta: Adiwanata S
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017