Jakarta (ANTARA News) - Institut Prancis di Indonesia (IFI) bekerja sama dengan Modena dan Le Monde au Balcon membuka kelas kursus bahasa Prancis spesialisasi gastronomi mulai 13 September di IFI Jakarta.
 
Kursus ini mengusung konsep “Belajar Bahasa Prancis Sambil Memasak” dengan pembimbing Chef Nabil Jaghdour didampingi satu guru bahasa Prancis IFI. Kelas tersebut berlangsung setiap Senin, Rabu dan Sabtu dengan pilihan sesi pukul 10.30-13.00 dan pukul 16.30-19.00 WIB dengan menu masakan yang berbeda. 

Setiap sesi ditutup dengan icip-icip dan saling berbagi pengalaman selama kursus. Kursus dapat diikuti oleh semua orang baik yang memiliki tingkat kemampuan bahasa Prancis dasar maupun mahir.
 
Direktur IFI-Konselor Kerjasama Kebudayaan Kedubes Prancis, Marc Piton mengatakan, “Kursus spesialisasi ini ditujukan bagi publik Indonesia yang tertarik untuk mendalami tidak hanya bahasa Prancis tetapi juga gastronomi Prancis yang sejak 2010 terdaftar sebagai Warisan Dunia UNESCO," katanya dalam siaran pers.

"Gastronomi Prancis adalah kebanggaan sekaligus esensi dari kekayaan tradisi dan kebudayaan Prancis. Melalui kursus spesialisasi ini, peserta diajak mengapresiasi kekayaan budaya Prancis melalui bahasa dan masakan.”
 
Dalam tiap sesi kursus, peserta bisa mendapat pengalaman langsung seputar tradisi gastronomi Prancis sebagai sebuah ritual khas Prancis di mana terdapat pakem-pakem tertentu seperti acara makan yang dimulai dengan aperitif, makanan pembuka lalu dilanjutkan dengan ikan atau daging dengan sayuran, lalu keju dan makanan penutup. 

Dekorasi meja dan bahasa tubuh seperti membaui dan menyicipi makanan yang dihadangkan adalah pelengkap ritual.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017