Samarinda (ANTARA News) - Sebanyak empat satuan setingkat kompi dari Brimob Kepolisian Daerah Kalimantan Timur kembali berangkat ke Jakarta untuk memperkuat kegiatan pengamanan di ibu kota negara.

Pelepasan pasukan Brimob itu berlangsung di halaman Terminal Kargo Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan, Selasa, dengan inspektur upacara Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol Mulyadi.

Mereka terdiri dari dua SSK (satuan setingkat kompi) gabungan dari Batalyon A Pelopor dan Staf Mako, satu SSK dari Batalyon B Pelopor, dan satu SSK dari Batalyon C Pelopor.

Pasukan yang dikirim ke Jakarta itu berkualifikasi antihuru-hara dan anti-anarkis, dengan dipimpin Kaden Penugasan Kompol Indra Wahyu Majid yang merupakan Komandan Batalyon A Pelopor Brimob Polda Kaltim.

"Pasukan ini diberangkatkan guna memperkuat pengamanan Hari Tani Indonesia di Jakarta pada 29 September 2017," kata Kombes Pol Mulyadi, dalam keterangan yang disampaikan Humas Satbrimob Polda Kaltim.

Dalam arahannya, Mulyadi berharap seluruh personel dapat mempertahankan bahkan meningkatkan nama baik Polda Kaltim melalui pelaksanaan tugas dengan penuh disiplin dan dedikasi yang baik.

"Penugasan sebelumnya dinilai berhasil dalam melaksanakan pengamanan dan pelayanan terhadap aksi unjuk rasa di ibu kota beberapa waktu lalu. Tolong jaga kehormatan kita semua," katanya.

Ia menambahkan Satuan Brimob Polda Kaltim bersyukur dan merasa terhormat bisa kembali memberangkatkan pasukannya guna menambah kekuatan personel Polda Metro Jaya.

Apalagi, Satbrimob Polda Kaltim termasuk Satbrimob yang dapat mengirim pasukannya dalam jumlah besar dibanding Satbrimob lainnya.

"Soal kapan mereka akan kembali lagi ke kesatuan, itu tergantung dari situasi nantinya," katanya.

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017