Semarang (ANTARA News) - Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat Provinsi Jawa Tengah melakukan verifikasi faktual susunan kepengurusan hingga ke tingkat pimpinan anak cabang (PAC) sebagai upaya penggalangan kekuatan menjelang pilkada serentak.

"Tujuan verifikasi susunan kepengurusan PAC di seluruh DPC Partai Demokrat se-Jateng ini untuk membuktikan apakah masih aktif atau tidak, pindah ke partai lain atau tidak," kata Ketua Badan Pembinaan Organisasi Keanggotaan dan Kaderisasi DPD Partai Demokrat Provinsi Jawa Tengah Bambang Eko Purnomo di Semarang, Rabu.

Selain itu, verifikasi faktual susunan kepengurusan ini juga untuk mengetahui sampai sejauh mana kekuatan PAC-PAC menggalang dukungan partai hingga ke tingkat basis

Pria yang akrab disapa BEP ini menegaskan, pihaknya mencari sosok ketua PAC yang energik, kuat, dan mampu mengejawantahkan perintah-perintah partai sampai ke tingkat basis.

"Jika nanti berdasarkan verifikasi ada pengurus yang tidak aktif, maka dipastikan akan mendapat sanksi berupa penggantian," ujarnya.

Menurut dia, jajaran Partai Demokrat serius melakukan pembenahan seluruh struktur partai sampai ke tingkat ranting.

"Verifikasi faktual kepengurusan ini sebagai salah satu upaya pembenahan di Partai Demokrat," kata pria yang juga tercatat sebagai anggota DPRD Provinsi Jateng itu.

Verifikasi faktual susunan kepengurusan yang dilakukan menjelang pelaksanaan Musyawarah Cabang Partai Demokrat di Jateng ini dibagi menjadi 2 gelombang.

"Verifikasi gelombang pertama diikuti oleh 17 DPC, sedangkan sisanya akan mengikuti verifikasi gelombang kedua yang dilakukan dalam waktu dekat," ujarnya.

(U.KR-WSN/B015)

Pewarta: Wisnu Adhi N
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017