Jakarta (ANTARA News) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta menyiagakan sebanyak 200 petugas kebersihan selama berlangsungnya pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022.

"Untuk pelantikan hari ini, ada 200 petugas kebersihan yang kami siagakan guna memastikan seluruh area Balai Kota tetap bersih," kata Kepala DLH DKI Isnawa Adji di Jakarta, Senin.

Menurut dia, selain 200 petugas kebersihan itu, juga akan disiagakan sebanyak 200 petugas Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU) sehingga, total keseluruhan mencapai 400 petugas.

"Jadi, ada 200 pasukan oranye, kemudian dibantu juga oleh 200 petugas PPSU kelurahan. Jadi, kalau digabung jumlahnya menjadi 400 petugas yang disiagakan," ujar Isnawa.

Dia menuturkan petugas kebersihan yang disiagakan itu juga termasuk regu comot dan penyapu jalan. Pihaknya pun menyediakan sejumlah kantong sampah di beberapa titik untuk mengumpulkan sampah yang tersebar.

"Para petugas kebersihan yang dikerahkan itu tidak hanya dipusatkan di Kompleks Balai Kota dan gedung DPRD DKI Jakarta, tetapi juga di jalur lintasan warga, diantaranya di Jalan Kebon Sirih dan Jalan Medan Merdeka Selatan," tutur Isnawa.

Dia memperkirakan pada pukul 21.00 WIB, sampah yang terkumpul usai perayaan pelantikan Gubernur dan Wagub DKI Jakarta seluruhnya telah dibersihkan.

"Ketika massa sudah pulang, bubar, kami harus bersihkan semua sampah sampai tuntas. Kami juga menyiapkan gerobak motor untuk mobilisasi sampah-sampah," ungkap Isnawa.

Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 Anies Rasyid Baswedan dan Sandiaga Salahudin Uno akan dilaksanakan di Istana Kepresidenan pada pukul 16.00 WIB.

Pewarta: Cornea K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017