Makassar (ANTARA News) - Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (KISP) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) meningkatkan keterampilan pengelolaan "website" pemerintah melalui Bimbingan Teknik (Bimtek) yang digelar di Makassar, Rabu.

"Salah satu permasalahan yang kita hadapi dalam mewujudkan e-government adalah lemahnya sumber daya manusia kita, kami berharap melalui Bimtek ini, peserta dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengelolaan website pemerintah," kata Kepala Dinas KISP Sulsel Andi Hasdullah pada pembukaan Bimtek tersebut, di Makassar, Rabu malam.

Ia mengatakan keberadaan "website" saat ini sudah merupakan kebutuhan, terutama dalam melakukan publikasi kinerja lembaga, dan merupakan sarana paling efektif dan efisien untuk memasyarakatkan capaian kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Oleh karena itu kita perlu memaksimalkan sarana tersebut," imbuhnya.

"Website" kata dia merupakan jendela institusi sehingga pengelolaannya harus profesional terutama dalam pengelolaan konten informasi yang akan disajikan ke publik.

"Penting untuk selalu memperbaharui konten dan variatif dalam menyajikan data dan informasi kepada masyarakat," jelasnya.

Sementara Kepala Bidang e-Government dan Pengolahan Data Dinas KISP Lukmanuddin mengatakan bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pembuatan berita, web building, web design, dan web development.

"Sasaran kami adalah terwujudnya pengelolaan konten website yang baik sehingga dapat menjadi pusat pelayanan dan informasi pada setiap OPD," tuturnya.

Bimtek yang berlangsung selama dua hari ini, diikuti oleh sekitar 80 peserta yang terdiri dari pengelola website Pemda Kabupaten/Kota se-Sulsel, dan OPD lingkup Pemprov Sulsel.

Pewarta: Nurhaya J. Panga
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017