Jakarta (ANTARA News) - Hasil survei yang dilakukan lembaga kajian Populi Center terhadap tiga tahun pemerintahan Kabinet Kerja menunjukkan pandangan mayoritas publik bahwa Presiden Joko Widodo semakin tegas.

Survei dilakukan pada 19 Oktober-26 Oktober 2017 terhadap 1.200 responden dengan metode survei multistage random sampling, margin of error 2,8 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

"Sebanyak 32,8 persen responden atau mayoritas menilai Jokowi semakin tegas menjalankan pemerintahan," ujar Direktur Populi Center Usep S Ahyar dalam pemaparan hasil survei bertajuk "3 Tahun Indonesia Sentris: Penilaian Dari Rakyat", di Jakarta, Kamis.

Usep mengatakan sisanya sebanyak 19,5 persen menilai Jokowi masih dibawah pengaruh tokoh-tokoh politik, sebanyak 15,3 persen memandang Jokowi masih lemah kepemimpinannya, sebanyak 11,8 persen menilai semakin kuat secara politik dan 20,6 persen tidak tahu/tidak menjawab.

Hasil survei juga merekam tingkat kepuasan mayoritas responden terhadap pemerintahan Jokowi-JK setelah tiga tahun masa kabinet.

Sebanyak 62 persen responden menyatakan puas (terdiri dari sangat puas 6,8 persen dan puas 55,2 persen), sedangkan yang tidak puas sebesar 35,1 persen (terdiri dari kurang puas 30,3 persen dan tidak puas 4,8 persen), sementara sisanya 2,9 persen tidak tahu atau tidak menjawab.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017