Madiun, Jawa Timur (ANTARA News) - Seorang petani jagung bernama Minten dari Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, meminta sepeda kepada Presiden Joko Widodo dalam acara Penyerahan Sertifikat Tanah untuk Rakyat di Alun-Alun Mejayan, Senin.

"Karena ladang saya ada di hutan, saya boleh minta sepedanya enggak Pak untuk pergi ke ladang," kata Minten kepada Presiden, yang memanggil beberapa warga ke panggung unutk menanyakan luas tanah yang tercatat dalam sertifikat mereka.

Kepada warga yang diminta naik ke panggung, Presiden juga meminta mereka melafalkan isi dasar negara Pancasila.

Minten dengan lantang langsung melafalkan Pancasila di panggung, dan setelahnya mendapat hadiah sepeda dari Presiden.

Presiden juga mengingatkan warga agar menyimpan sertifikat tanah mereka dengan baik dan berpesan agar mereka terlebih dulu memperhitungkan sebelum mengagunkan sertifikat ke bank untuk mendapatkan modal usaha.

Dalam acara itu, Presiden memberikan sertifikat kepada 8.950 orang dari lima kabupaten/kota yang meliputi 5.000 orang dari Kabupaten Madiun, 2.500 orang asal Kabupaten Ngawi, 1.000 orang dari Kabupaten Magetan, 200 orang dari Kota Madiun dan 250 orang dari Kabupaten Ponorogo.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil mendampingi Presiden dalam acara tersebut.

Pembagian sertifikat tersebut bertujuan untuk memberikan kekuatan hukum kepada masyarakat atas status tanah mereka dan menghindari sengketa lahan.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017