Bandung (ANTARA News) - Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin telah menyodorkan kadernya untuk menjadi Cawagub Jawa Barat mendampingi Ridwan Kamil di Pilgub Jawa Barat 2018, yakni Syaiful Huda.

"Kita sama Pak RK (Ridwan Kamil) sudah sampai pada penyusunan koalisi untuk cawagub (Jabar) dan itu sudah kita sodorkan (Syaiful Huda)," kata Muhaimin Iskandar, usai menghadiri peluncuran buku "Dari Desa Membangun Indonesia", di Kampus UPI Bandung, Senin.

Ia menuturkan ada tiga pertimbangan bagi partainya terkait sosok cawagub yang pantas untuk Ridwan Kamil atau Emil di Pilgub Jawa Barat 2018.

"Terkait cawagub ini semua partai punya nama, tentu ada pertimbangan, yang pertama cocok dengan Pak RK, kedua zonasinya kalau RK kuat di selatan maka cawagub harus diutara dan PKB kuat di utara (Jawa Barat)," kata dia.

Cak Imin juga tidak mempermasalahkan langkah parpol lain yang menyodorkan kadernya untuk menjadi cawagub mendampingi Ridwan Kamil.

"Enggak ada masalah, itu di luar konteks karena pada dasarnya koalisi intinya PKB, PPP dan Nasdem," kata dia.

Cak Imin menilai sosok Huda yang paling tepat mendampingi Ridwan Kamil di Pilgub Jawa Barat 2018 karena memiliki sejumlah keunggulan memiliki dukungan kantung suara di kawasan utara provinsi Jawa Barat.

"Itu tadi kita (PKB) itu kuat utara (Jawa Ba(Syaiful) Huda kita sodorkan," ujar dia.

(U.A066/Y003)

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017