Cikarang, Bekasi (ANTARA News) - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bekasi mengaku prihatin atas terjadinya bentrokan dua anggota organisasi kemasyarakatan di Jalan Raya Inspeksi Kalimalang, Desa Tambun, Kecamatan Tambun Selatan, Selasa (5/12).

Padahal, sudah ada sosialisasi berupa pembinaan untuk menjaga kondusivitas dan keamanan, kata Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Bekasi Ahmad Kosasih di Kabupaten Bekasi, Rabu.

Menurut dia, bentrokan terjadi karena tingkat emosional dari masing-masing anggota ormas dan lembaga swadaya masyarakat (LSM).

Dalam hal ini, menurut dia, seharusnya tidak terjadi dan dapat meminimalisasi keadaan bilamana adanya pembinaan oleh pemimpin ormas tersebut.

Selain itu, seorang pemimpin juga harus melakukan pengelolaan sumber daya manusia agar lebih dapat menyikapinya.

Namun, bila dua hal itu tidak segera dilakukan perubahan, lanjut dia, bentrokan akan sering terjadi pada daerah setempat.

Dengan adanya kericuhan tersebut, kata dia, pihaknya bersama TNI dan Polri akan terus melakukan sosialisasi berupa pembinaan agar hal serupa tidak terulang kembali, baik ormas maupun LSM.

Pewarta: Mayolus Fajar Dwiyanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017