Seoul (ANTARA News) - Korea Selatan pada Kamis, mengatakan negara itu menyesalkan keputusan larangan bagi Rusia tampil di Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang dan mengatakan kehadiran atlet Rusia di ajang tersebut sangat penting bagi kesuksesan Olimpiade.

Kementerian Olahraga Korea Selatan meminta para atlet Rusia untuk tampil sebagai atlet netral menyusul pelarangan oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan mengatakan pihaknya telah "bekerja keras dalam tujuh tahun terakhir untuk melakukan persiapan" bagi pelaksanaan Olimpiade yang damai dan harmonis.

"Keikutsertaan para atlet olahraga musim dingin dari seluruh dunia, termasuk Rusia, merupakan kunci kesuksesan Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang dan faktor sangat penting dalam merealisasikan semangat Olimpiade," menurut keterangan Kementerian Olahraga selaku penanggung jawab persiapan Olimpiade.

Keikutsertaan atlet Rusia "yang menunjukkan performa luar biasa dalam penyelenggaraan Olimpiade Musim Dingin pada tahun-tahun sebelumnya, akan memberikan kontribusi signifikan bagi kesuksesan Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeongchang," menurut pernyataan kementerian sebagaimana dilaporkan AFP.

Pernyataan tersebut dikeluarkan setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Moskow tidak akan memboikot Olimpiade Musim Dingin di Korea Selatan meski negara itu dijatuhi larangan tampil akibat skema doping yang didukung pemerintah. (ab/)




Pewarta: Antara
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017