Samarinda  (ANTARA News)- Kepolisian Daerah Kalimantan Timur telah mengamankan seorang terduga teroris berinisial MJ asal  Mangkurawang, Tenggarong, Kutai Kartanegara, dalam operasi gabungan yang melibatkan Densus 88, Brimob dan Polres Kukar, Sabtu (30/12) kemarin.

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana dihubungi dari Samarinda, Minggu, mengatakan bahwa dalam operasi tersebut petugas menemukan sejumlah barang bukti, seperti senjata api rakitan dan barang lainnya.

"Densus telah mengamankan MJ, dan berikut barang bukti yang didapatkan di rumahnya jalan Usaha Tani RT 18 Mangkurawang, Kukar," kata Yaya.

Namun demikian, Yaya menegaskan bahwa sejauh ini MJ belum bisa dipastikan terkait dengan jaringan teroris, karena masih menunggu perkembangan penyidikan.

"Untuk sementara kasus yang disangkakan terkait dengan kepemilikan senjata api," tegasnya.

Ketua RT 18 Kelurahan Mangkurang, Roli Maulana, membenarkan bahwa MJ merupakan warganya, dan pada Sabtu malam (30/11) tim gabungan kepolisian dari Polres Kukar, Polsek Tengarong dan Densus 88 menggeledah rumah MJ.

"Banyak polisi yang datang ada sekitar 30 orang, mereka meminta saya untuk menemani saat petugas melakukan penggeledahan, kejadian sekitar pukul jam 5 sore," kata Roli.

Roli mengatakan dirinya melihat petugas menyita sejumlah barang di rumah MJ diantaranya senapan rakitan, laptop dan sejumlah buku pada penggeledahan yang berakhir hingga pukul 20.30.wita tersebut.

"Yang saya tau, MJ ditangkap sebelum penggeledahan dilakukan oleh polisi, saya tidak tau persis MJ ditangkap dimana, yang pasti bukan di rumahnya,"jelas Roli.

Ia menjelaskan bahwa MJ merupakan warga asli Mangkurawang, Kukar, dan saat ini masih berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil di Pemkab Kukar.

"Keseharianya normal saja, perilakunya baik, dan sangat rukun dengan warga lain, pokoknya gak ada yang mencurigakan," tutur Roli.

Sekitar pukul 23.00 wita, dilokasi RT 18 Mangkurang masih terlihat sejumlah polisi melakukan pemeriksaan terhadap istri MJ di rumahnya, jalan Usaha Tani, Mangkurawang, Kukar.

Berdasarkan informasi di lapangan, MJ ditangkap oleh tim gabungan Densus 88, Brimob dari Polres Kukar, Polsek Tengarong sekitar Sabtu sore, dalam perjalanan menuju rumahnya.

Menurut penuturan warga, MJ merupakan PNS di kesbangpol Kukar, dan menjadi petugas kebersihan di masjid Pemkab Kukar.

Pewarta: Arumanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017