Jakarta (ANTARA News) - PDI Perjuangan mengusung pasangan Herman HN dan Sutono sebagai pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur (cagub-cawagub) Lampung pada pilkada serentak tahun 2018.

"Herman HN adalah walikota Bandarlampung selama dua periode dan memiliki prestasi baik," kata Ketua umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, saat mengumumkan empat pasangan cagub-cawagub di kantor DPP PDI Perjuangan, Menteng, Jakarta, Kamis.

Menurut Megawati, Herman HN dikenal sebagai pemimpin yang sederhana, sabar, dan memiliki kepedulian tinggi dengan masyarakat.

Banyak program kerjanya sebagai Walikota bandarlampung yang dinilai pro-rakyat kecil, seperti berobat gratis bagi masyarakat tidak mampu, pemberian perlengkapan sekolah untuk 40.000 siswa dari keluarga tidak mampu setiap tahun, serta pemberian honor operasional kepada sebanyak 3.700 guru ngaji.

Program lainnya, kata Megawati, Herman HN banyak membuat program kerja di bidang pendiidkan, pertanian, infrastruktur, pelayanan kesehatan, serta program lainnya yang mencerdaskan rakyat.

Mega menambahkan, Pemerintah Kota Bandarlampung pada kepemimpinan Herman HN, selama tujuh tahun berturut-turut laporan keuangannya mendapat predikat wajar tanpa pengecualian (WTP).

"Karena itu, wajar jika Herman HN pada pilkada kota Bandarlampung yang kedua meraih suara sampai 85,86 persen," katanya.

Bahkan, Herman HN bersama bersama Bupati Kulonprogo dinobatkan sebagai walikota dan bupati terbaik dari penghargaan yang diberikan oleh Jawa Pos Grup.

Pemerintah Kota Bandarlampung, juga mendapat penghargaan dari Mahkamah Agung RI atas prestasinya pada pelayanan masyarakat yakni berperan aktif memfasilitasi terlaksananya sidang keliling terpadu perkara itsbat nikah.

Sementara, pasangannya sebagai calon wakil gubernur adalah, Sutono, yang saat ini menjabat sebagai sekretaris daerah Pemerintah Provinsi Lampung.

Menurut Megawati, Soetono adalah birokrat yang meniti karir dari bawah sehingga baham betul bagaimana tata kelola pemerintahan.

Megawati berharap, Herman HN dan Sutono dapat memenangkan pilkada Provinsi Lampung pada 2018 dan menjadi pemimpin yang baik bagi masyarakat Lampung.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018