Kota Panama (ANTARA News) - Mantan gubernur Meksiko, Roberto Borge, diekstradisi, pada Kamis dari Panama ke Meksiko, tempat ia menghadapi tuduhan korupsi, kata kantor kejaksaan Meksiko.

Borge, dari 2010 hingga 2016, menjabat sebagai gubernur negara bagian yang dikunjungi banyak wisatawan, Quintana Roo.

Ia dibawa dengan pengawalan ketat dari kepolisian nasional Panama menuju sebuah pangkalan udara. Di pangkalan itu, ia masuk ke sebuah pesawat Meksiko, demikian menurut tayangan televisi daerah.

Kejaksaan Meksiko menuduh Borge telah menggunakan dana yang didapatnya secara ilegal, melakukan korupsi serta menyelewengkan jabatan.

Borge telah membantah semua tuduhan itu.

Borge ditangkap di Kota Panama pada Juni ketika ia sedang bersiap-siap masuk ke pesawat yang akan membawanya terbang ke Paris.

Kementerian luar negeri Panama mengatakan pekan lalu bahwa pihaknya akan menerbangkan Borge ke Meksiko.

Bagi partai penguasa tempat Borge berasal, Partai Revolusioner Institusional (PRI), ekstradisi Borge menjadi peringatan terbaru skandal korupsi pada saat partai tersebut ingin memperbaiki citranya menjelang pemilihan presiden pada Juli.

PRI, yang sedang berupaya mempertahankan pengaruh saat periode jabatan Presiden Enrique Pena Nieto berakhir, telah menghadapi serentetan tuduhan korupsi. Atas tuduhan tersebut, empat mantan gubernur asal PRI, termasuk Borge, ditangkap tahun lalu di berbagai negara.

Bulan lalu, pihak berwenang Meksiko menahan Alejandro Gutierrez, bekas pejabat tinggi PRI, dalam penyidikan korupsi di negara bagian Chihuahua di Meksiko utara, demikian Reuters.

(Uu.T008)

Pewarta: antara
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018