Jakarta (ANTARA News) - Fraksi PDI Perjuangan DPR RI meminta Partai Golkar menuntaskan kerja Panitia Khusus Hak Angket DPR tentang Tugas dan Kewenangan KPK dengan membuat kesimpulan akhir dan bukan dengan mengundurkan diri sebelum kerja berakhir.

"Itu yang saya harapkan, jangan menarik diri. Mari bersama tuntaskan kerja Pansus dengan sebuah rekomendasi," kata Bendahara Fraksi PDI Perjuangan Alex Indra Lukman di DPR, Senin.

Dia mengharapkan Golkar fokus menyusun rekomendasi akhir Pansus KPK dan meminta Golkar tidak menganggap hasil Pansus Angket bertujuan melemahkan KPK karena menurut PDIP, Pansus justru untuk menguatkan KPK.

"Jangan seakan-akan ada partai yang ada di Pansus ingin memperlemah KPK, tidak seperti itu. Mari kita lihat kemudian rekomendasi Pansus seperti apa," kata Alex.

Alex menyarankan Golkar bertanggung jawab menuntaskan proses pada Pansus KPK dengan membuat rekomendasi yang menguatkan KPK.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto saat memberi arahan dalam rapat pleno Fraksi Golkar hari ini meminta anggotanya yang berada di Pansus Angket KPK segera menyelesaikan pekerjaannya.

"Salah satu yang menjadi target adalah terkait dengan Pansus Angket KPK untuk segera diselesaikan. Tentu pada posisi ini karena sudah tiga kali masa sidang dan karena harus segera mengambil keputusan," kata Airlangga.

Airlangga meminta kader Golkar di Pansus harus mendorong fraksi partai lain untuk segera menyusun rekomendasi akhir dengan rekomendasi yang tidak melemahkan KPK.

Airlangga mengatakan apabila Pansus KPK tidak selesai pada masa sidang ini maka Golkar akan menarik semua anggotanya dalam Pansus.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018