Jakarta (ANTARA News) - Pemimpin Partai Demokrat di DPR Amerika Serikat, Nancy Pelosi, mencetak sejarah Rabu waktu setempat karena menyampaikan pidato paling lama di AS paling tidak dalam kurun 108 tahun terakhir, setelah sekitar delapan jam berpidato mengenai perlindungan kaum migran muda tak berdokumen dari deportasi.

Politisi veteran yang bulan depan genap berusia 78 tahun itu menaiki mimbar pukul 10.04 pagi waktu AS atau Rabu 22.04 WIB untuk memulai berpidato.

Dia terus berbicara, berbicara dan berbicara.

Delapan jam tujuh menit kemudian, pada pukul 18:11 waktu setempat atau Kamis 06.11, baru meninggalkan mimbar.

Tak pelak mengingat usianya yang tidak muda lagi, daya tahan dia berlama-lama berpidato membuat para koleganya di Partai Demokrat memberinya standing ovation begitu selesai pidato.

Baca juga: Memo tandingan Demokrat disetujui DPR untuk dibuka ke publik

"Saya mendapat kabar bahwa sejarawan DPR membenarkan bahwa Anda kini mencetak rekor pidato paling lama di DPR sejak paling tidak 1909," kata Pelosi seperti dikutip AFP.

Pada 1909 anggota Kongres Champ Clark dari Missouri menyampaikan pidato selama lima jam 15 menit.

Pelosi berpidado untuk menyuarakan penentangan terhadap kesepakatan anggaran federal yang belum lama ini disepakati Senat, karena tidak menyinggung soal imigrasi.

Pelosi menyatakan dia akan menolak kesepakatan itu kecuali Ketua DPR Paul Ryan menjamin akan membawa legislasi imigrasi ke DPR untuk divoting.  "Rakyat Amerika perlu solusi untuk imigrasi," kata dia seperti dikutip AFP.

Pelosi tidak melanggar aturan DPR AS karena lama berpidato.

Baca juga: FBI vs Trump - Demokrat tuduh Republik tukang pukul presiden


Pewarta: -
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018