Pyeongchang (ANTARA News) - Sebanyak 13 atlet Rusia mengambil langkah hukum untuk menggugat sanksi doping yang diberlakukan kepada mereka dan berpartisipasi di Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang pada Kamis.

Pengadilan Arbitrase Olahraga (Court of Arbitration for Sport/CAS), yang sedang menangani 47 kasus banding atlet Rusia, mengatakan enam atlet plus tujuh dokter, pelatih dan staf pendukung juga mengajukan kasus tersebut.

Dengan demikian total yang mengajukan banding menjadi 60 orang.

"Para penggugat menentang penolakan IOC (Komite Olimpiade Internasional) untuk mengundang mereka berpartisipasi di Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018," menurut sebuah pernyataan CAS seperti dikutip AFP.

"Mereka meminta agar CAS mencabut keputusan IOC dan mengizinkan mereka berpartisipasi di Olimpiade ini."

Pada Desember, Komite Olimpiade Internasional menangguhkan Rusia atas konspirasi doping yang disponsori negara, yang puncaknya adalah saat menjamu Olimpiade Musim Dingin 2014 di Sochi.

Namun, IOC membiarkan celah terbuka ketika mereka mengatakan sekelompok atlet Rusia yang "bersih" boleh berpartisipasi di bawah bendera netral sebagai "Atlet Olimpiade dari Rusia". (mu) 





Pewarta: -
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018