... B. Grimm Power untuk terus mengembangkan strategi ekspansi di negara-negara anggota ASEAN."
Manila (ANTARA News) - Bank Pembangunan Asia (ADB) pada Jumat menandatangani pemberian pinjaman setara dengan 235 juta dolar Amerika Serikat (AS) kepada B. Grimm Power Public Company Limited dari Thailand untuk mengembangkan dan meningkatkan kapasitas energi terbarukan di Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

"Pengembangan energi terbarukan di Asia Tenggara sangat penting untuk memenuhi kebutuhan energinya, dan B. Grimm Power berada di garis depan sektor energi alternatif yang berkembang pesat di kawasan ini," kata Michael Barrow, direktur jenderal Departemen Operasi Sektor Swasta ADB, seperti dikutip kantor berita Xinhua China.

Ia mengatakan ADB "dengan bangga sekali kembalii bermitra dengan B. Grimm Power untuk terus mengembangkan strategi ekspansi di negara-negara anggota ASEAN."

Pembiayaan ADB akan mendukung B. Grimm Power melaksanaan Proyek Pendistribusi Tenaga Listrik ASEAN, yang akan memperluas pembangkit listrik terbarukan dan didistribusikan ke pasar-pasar terbaru di Kamboja, Indonesia, Laos, Myanmar, Filipina dan Vietnam.

Lembaga donor yang berbasis di Manila itu mengumumkan bahwa proyek tersebut akan meliputi pelaksanaan dan pengoperasian distribusi, serta peningatan manfaat tenaga surya, angin, biomassa, limbah jadi energi, pembangkit listrik tenaga gas, penyimpanan energi maupun infrastruktur kelistrikan di ASEAN.

Total kapasitas pembangkit listrik yang didistribusikan B. Grimm Power diperkirakan akan meningkat lebih dari 50 persen menjadi 2.500 megawatt (MW) pada 2022, sementara pangsa energi terbarukan dalam portofolio akan meningkat dari 10 persen menjadi 30 persen.

ADB mengambil kepemilikan saham sebesar 1.968 juta baht (57,7 juta dolar AS) di B.Grimm Power sebagai bagian dari penawaran umum perdana perusahaan pada Juli 2017.

Selain itu, ADB juga mengelola pinjaman 20 juta dolar AS yang disediakan oleh Canadian Climate Fund (Dana Iklim Kanada) untuk Sektor Swasta di Asia berdasarkan Fasilitas Kemitraan Pembiayaan Energi Bersih.

B. Grimm Power adalah anak perusahaan dari 140 kelompok konglomerat B.Grimm Group, beroperasi di industri energi sejak 1993 di Thailand.

ADB juga berdedikasi untuk mengurangi kemiskinan di Asia dan Pasifik melalui pertumbuhan ekonomi yang inklusif, pertumbuhan yang ramah lingkungan, dan integrasi regional.

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2018