... pelakunya meminta maaf, tapi bukan kepada kami, tapi kepada publik...
Bandung, 7/3 (ANTARA News) - Pengelola Kebun Binatang Bandung (Bandung Zoo) menuntut pengunjung yang memberikan rokok kepada orang utan segera datang dan meminta maaf atas perbuatan tidak terpujinya tersebut.

"Kita meminta pelakunya meminta maaf, tapi bukan kepada kita, tapi kepada publik," ujar Humas Bandung Zoo, Sulhan Safi`i di Bandung, Rabu.

Sulhan mengatakan, pihak Bandung Zoo meminta pengunjung tersebut datang dan akan memfasilitasi agar yang bersangkutan meminta maaf kepada publik.

Menurutnya, tindakan pelaku yang memberi rokok ke orang utan merupakan tindakan yang sangat tidak patut. Apalagi, orang utan termasuk primata yang sangat dilindungi, maka sudah sepantasnya menjaga keberadaan mereka agar tidak punah.

Pihak pengelola saat ini tengah mencari identitas pengunjung yang wajahnya terekam jelas dalam video berdurasi satu menit.

"Kita akan umumkan kepada publik tindakan pengunjung ini, karena ini sebuah pelanggaran aturan yang kita tegakkan di kebun binatang," kata dia.

Sebelumnya, beredar video berdurasi satu menit yang memperlihatkan seekor orang utan memungut dan mengisap rokok yang dibuang ke dalam kandang secara sengaja oleh seorang pengunjung.

Video tersebut pertama kali diunggah oleh pemerhati satwa, Marison Guciano lewat akun Facebook pribadinya. Marison mengatakan video itu ia dapat dari salah seorang relawannya pada Minggu (4/3).

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018