Saat ini sedang dilakukan uji AMDAL untuk `under pass` di simpang empat Gejayan dan Jalan Kaliurang di Ring Road Utara, pembangunannya tentu tidak akan lama lagi."
Sleman (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta segera melakukan revisi tata ruang dan dan tata wilayah guna mendukung dinamika pembangunan yang berlangsung dinamin di wilayah setempat baik skala nasional maupun lokal.

"Saat ini pembangunan berlangsung cepat, kita tidak bisa mengelak sehingga harus melakukan revisi meskipun RTRW belum lima tahun. Revisi tata ruang dan wilayah karena dinamika pembangnan yang terjadi," kata Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Sleman Sugandi, Senin.

Menurut dia, dinamika pembangunan tersebut juga termasuk disyahkannya Undang-undang Keistimewaan DIY yang berpengaruh terhadap tata pertanahan di Kabupaten Sleman.

"Selain itu peralihan status jalan provinsi menjadi jalan nasional, jalan desa menjadi jalan kabupaten juga sangat berpengaruh terhadap tata ruang dan wilayah," katanya.

Ia mengatakan, dinamika pembangunan yang menuntut revisi RTRW tersebut yakni di wilayah sebelah barat Sleman ada pembangunan bandara "New Yogyarta Internasional Airport" (NYIA) di Kabupaten Kulon Progo.

"Kemudian proyek nasional pembangunan jalanm tol Yogyakarta-Bawen. Ini akan memicu percepatan pembangunan dan perubahan infrastruktur," katanya.

Sugandi mengatakan, proyek nasional pembangunan jalan "under pass" di jalan lingkar (ring road) utara juga sangat mempengaruhi dinamika pembangunan di Sleman.

"Saat ini sedang dilakukan uji AMDAL untuk `under pass` di simpang empat Gejayan dan Jalan Kaliurang di Ring Road Utara, pembangunannya tentu tidak akan lama lagi," katanya.

Ia mengatakan, dinamika-dinamika pembangunan tersebut tentunya akan ada perubahan yang harus disiapkan agar sinergi dengan pusat dan provinsi.

"Kami akan cermati tata ruang yang ada apakah masih sesuai dengan dinamika pembangunan, dan segera membuat satu tim perumus RTRW,

Jika sudah banyak yg tidak sesuai maka akan dilakukan revisi," katanya.

Dinamika pembangunan yang ada tersebut, kata dia yang harus ditangkap untuk RTRW Kabupaten Sleman 2020.

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018