Penang (ANTARA News) - Maskapai berbiaya rendah (LCC) Citilink Indonesia berencana menawarkan sejumlah kemudahan kepada para penumpang dengan tujuan medis (medical tourism) atau berobat ke negara lain, khususnya Penang, Malaysia.

"Sejumlah kemudahan akan kita tawarkan untuk mereka, misalnya selain gratis bagasi 10 kilogram, akan dijajaki opsi lain dengan asosiasi rumah sakit di Penang, Malaysia," kata Pelaksana Harian Direktur Utama Citilink Indonesia Fransetya Hutabarat kepada pers di sela Pengenalan Destinasi dan Tujuan Wisata rute Jakarta-penang Citilink, di Penang, Malaysia, Senin.

Menurut Fransetya, pada tahap awal pihaknya telah menandatangani nota kesepahaman dengan Executive Director of Penang Center of Medical Tourism (PMED) Tan Seang Aun, sesaat setelah mendarat perdana rute Jakarta-Penang, Minggu 25 Maret.

"Peluang kerja samanya antara lain, penumpang Citilink yang hendak berobat bisa mendapatkan potongan harga dan dijemput di bandara oleh pihak rumah sakit.

Menanggapi hal itu. sejumlah pelaku usaha menyambut baik peluang itu.

"Dengan adanya tambahan penerbangan langsung Jakarta- Penang dari Citilink Indonesia, kami berharap lebih banyak lagi pasien dari Jakarta, tidak hanya dari Medan," kata Dr Hwang Vee Cherin, Pediatric dari Island Hospital, Penang, Malaysia.

Menurut Hwang, sebelumnya pasien yang paling banyak berobat ke Penang lebih banyak berasal dari Medan karena lokasi yang lebih dekat dan hanya dengan penerbangan sekitar 40 menit.

"Pasien Indonesia mencapai hampir 80 persen dari keseluruhan jumlah pasien di Island Hospital," katanya.

Selain itu, CEO Gleneagle Hospital Ivan Loh juga mengharapkan dengan penerbangan langsung Jakarta-Penang dapat memberikan kemudahan bagi pasien dari Indonesia, salah satunya dengan promosi gabungan menggunakan "boarding pass" Citilink Indonesia.

Selain melakukan penandatanganan dengan asosiasi rumah sakit di Penang, Citilink Indonesia juga menandatangani beberapa kerja sama lainnya antara lain dengan Associaton of Tourism Attractions Penang (ATAP) atau assosiasi tempat-tempat wisata di Penang.

Juga dengan Malaysian Association of Hotels Penang Chapter yang merupakan asosiasi Hotel-hotel di Penang.

Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan MoU dengan Asian Masters Games Committee yang merupakan acara perhelatan olah raga terbesar di Penang.

Citilink Indonesia sebagai maskapai berbintang empat dari Skytrax pada 2018 menargetkan untuk melakukan ekspansi regional yang dimulai dengan penerbangan perdana ke Penang, Malaysia.

Selain itu, Citilink Indonesia juga menaargetkan untuk melebarkan sayapnya di kawasan Asia Tenggara sekaligus mendukung Masyarakat Ekonomi ASEAN yang diresmikan sejak 2015.

Pewarta: Edy Sujatmiko
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018