KJRI Perth : Kartini inspirasi bagi kaum muda

KJRI Perth : Kartini inspirasi bagi kaum muda

RA. Kartini (ANTARA FOTO/Seno)

Jakarta (ANTARA News) - Konsul Jenderal RI di Perth Dewi Gustina Tobing mengajak kaum muda untuk mengambil inspirasi dari semangat Kartini dalam meraih kemajuan.

Dalam keterangan pers yang diterima Antara di Jakarta, Sabtu, Dewi juga menyampaikan peringatan hari Kartini di Perth dilaksanakan untuk mengenang jasa Raden Adjeng Kartini sebagai pahlawan emansipasi wanita Indonesia.

KJRI Perth pada Sabtu pagi waktu setempat melangsungkan peringatan Hari Kartini yang dihadiri oleh warga negara Indonesia yang tinggal di kawasan tersebut.

Perayaan ini mengangkat tema "Kartini Muda gapai cita-citamu", membawa nuasa yang baru dari kegiatan tersebut.

Tema Kartini Muda diangkat mengingat banyak anak-anak dan remaja Indonesia yang berdomisili di Perth dengan orangtuanya, bersekolah di sekolah setempat sehingga kurang pemahamannya mengenai sejarah dan pahlawan Indonesia.

Acara Kartini muda tidak hanya diikuti oleh anak dan remaja perempuan tapi juga laki-laki karena perjuangan kartini adalah untuk kesetaraan sehingga perempuan dan laki-laki harus selalu saling mendukung dan berkerjasama didampingi oleh orang tua masing-masing.

Acara dengan tema Kartini Muda ini menjadi sarana untuk meningkatkan pemahaman mereka mengenai sejarah dan pahlawan Indonesia dan untuk meningkatkan rasa kebangsaan mereka terhadap negara Indonesia.

Dengan perayaan hari Kartini ini, anak-anak dan remaja didorong untuk semangat dan tekun belajar untuk mencapai cita-citanya karena sebagai generasi muda, mereka adalah penerus bangsa dan pengisi pembangunan Indonesia.

Kegiatan diramaikan dengan parade busana daerah, Kartini got Talent, penampilan angklung dari DWP KJRI Perth dan interaktif kepada anak-anak dan remaja Indonesia di Perth mengenai Ibu Kartini dan perjuangannya.

Pada sesi sebelumnya kepada kartini muda Indonesia diberikan kesempatan untuk membuat surat kepada Menteri Luar Negeri.

Pelaksanaan hari Kartini ini ditutup dengan pembagian hadiah kepada para pemenang lomba dan ucapan syukur dan harapan kiranya kesan dan pesan pada momen hari kartini menjadikan generasi muda Indonesia yang berada di Perth sukses dalam segala bidang.
Pewarta : Panca Hari Prabowo
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018