Jakarta (ANTARA News) - Dua pasangan ganda putra Indonesia berhasil mengantongi tiket babak utama Kejuaraan Asia (Badminton Asia Championships/BAC) 2018 yang kini tengah berlangsung di Wuhan, China.

Berdasarkan laman Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) yang dipantau di Jakarta, Selasa, dua pasangan Indonesia tersebut adalah Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Angga Pratama/Rian Agung Saputro.

Angga/Rian lebih dulu lolos dengan dua kemenangan di grup C. Pada laga pertama, Angga/Rian mengalahkan Danny Bawa Chrisnanta/Yong Kai Terry Hee dengan skor 21-19, 21-14 dan pada pertandingan kedua, Angga/Rian kembali memetik kemenangan yang kali ini dicetak atas wakil Kazakstan, Artur Niyanov/Dmitriy Panarin, 21-6, 21-15.

Sementara, pasangan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan kemudian menyusul Angga/Rian ke babak utama dengan menjadi jawara di penyisihan grup D. Pada partai pertama, Hendra/Ahsan menang mudah atas pasangan Brunei Darussalam, Ahmad Mahyuddin Haji Abas/Mohamad Fairie Syah Ruslan, dengan skor 21-8, 21-15 dan di partai penyisihan kedua, mereka menang telak atas Dipesh Dhami/Ratnajit Tamang (Nepal), dengan skor 21-9, 21-7.

Di babak utama, Hendra/Ahsan akan bertemu dengan wakil Korea Selatan, Kim Won Ho/Seo Seung Jae. Menghadapi pasangan muda Korsel itu, Hendra/Ahsan yang menang pengalaman diharapkan mampu bermain taktis.

Baca juga: Kejuaraan Asia jadi penilaian ganda putra Piala Thomas

"Dengan pengalaman mereka, mudah-mudahan bisa mengatasi lawan yang merupakan pemain muda. Asalkan Hendra/Ahsan main normal, saya rasa ada peluang menang," kata Thomas Indratjaja, Asisten Pelatih Ganda Putra PBSI yang mendampingi Hendra/Ahsan.

"Menghadapi pasangan Korea yang tipe mainnya keras dan kencang, jangan dilawan main keras juga tetapi lebih diatur. Jangan maksa adu power dengan pemain Korea, karena mereka bagus di situ, lebih banyak main skill saja," tuturnya dalam keterangan PBSI.

Sementara itu, di babak utama, Angga/Rian akan berhadapan dengan wakil Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi.

"Angga/Rian persiapannya cukup baik ke turnamen ini, saya rasa seharusnya mereka bisa mendapat hasil yang maksimal," tutur Thomas.

Selain Hendra/Ahsan dan Angga/Rian, pemusatan latihan nasional (pelatnas) PBSI juga menurunkan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang akan ditantang pasangan Negeri Ginseng, Choi Hyuk Gyun/Park Kyung Hoon.

Pertandingan babak utama Kejuaraan Asia 2018 akan dimulai pada Rabu (25/4), mulai pukul 10.00 waktu Wuhan, atau sekitar pukul 09.00 WIB.

Baca juga: Indonesia ingin pemain pelapis jadi andalan di Kejuaraan Asia
 

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018