Jakarta (ANTARA News) - Pasangan Ricky Karanda Suwardi/Debby Susanto memulangkan unggulan enam untuk melaju ke perempat final Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (Badminton Asia Championships/BAC) 2018 kategori perorangan yang digelar di Wuhan, China.

Berdasarkan laman Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), Kamis, tiket delapan besar diraih Ricky/Debby dengan menundukkan unggulan keenam asal Malaysia, Goh Soon Huat/Shevon Jemie Lai, 21-16, 26-24.

Dalam keterangan PP PBSI yang diterima di Jakarta, Debby menyatakan, ketenangan dan keyakinan di lapangan ternyata menjadi kunci utama kemenangan pasangan yang baru diduetkan sejak awal tahun 2018.

"Pertama harus yakin dulu, mau lawan unggulan atau bukan, kita harus yakin sama kemampuan diri kita sendiri. Saya cuma sering mengingatkan Ricky untuk lebih kalem, karena kalau dia tenang, permainan dia di latihan itu keluar semua, jadi dianya juga lebih percaya diri dan enjoy," kata Debby.

Meski memperoleh kemenangan, Debby mengakui lawan mereka sukar dihentikan terlebih di akhir gim kedua ketika unggul dengan kedudukan match point 20-16.

"Lawan nggak terlalu gampang dimatikan, pemain Malaysia itu terkenal pertahanannya bagus, baik pemain putra atau putri. Jadi kami harus ekstra sabar, apalagi kalau bolanya berat, tambah nggak mudah mematikan lawan. Siapa yang lebih sabar, dia yang akan menang," ujar Debby.

Pada putaran perempat final akan mempertemukan Ricky/Debby dengan unggulan kedua, yang juga wakil tuan rumah, Wang Yilyu/Huang Dongping. Ricky/Debby belum pernah bertemu dengan Wang/Huang sebelumnya, namun Debby pernah satu kali menang dan dua kali kalah lawan Wang/Huang saat ia berpasangan dengan Praveen Jordan.

"Secara permainan, saya sudah tahu Wang/Huang itu seperti apa, Ricky bisa pelajari juga lewat video pertandingan. Yang harus diwaspadai itu justru diri kami sendiri, harus lebih fokus. Saya dan Praveen atau dengan Ricky pola mainnya kurang lebih sama. Cuma, Ricky sekarang masih cari 'hawa'-nya jadi pemain ganda campuran, jadi tinggal nyari `pede` nya saja," kata Debby.

Dengan hasil melaju ke perempat final ini, Ricky/Debby mengekor jejak duet Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang melaju ke perempat final usai menumbangkan duet Thailand, Tinn Isriyanet/Pacharapun Chochuwong, dalam pertarungan dua gim yang berakhir dengan skor 21-16, 21-15.

Baca juga: Rahasia Tontowi/Liliyana lolos ke perempatfinal Kejuaraan Asia

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018