Jakarta (ANTARA News) - Pengurus Besar Persatuan Bisbol dan Sofbol Seluruh Indonesia (PB Perbasasi) akan menyeleksi tim inti yang turun dalam Asian Games 2018 pada 1-5 Mei dalam kejuaraan uji coba di lapangan bisbol, Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta.

"Kami akan menyeleksi 24 atlet dari 80 atlet dari pemain-pemain nasional serta pemain U-18. Mereka akan kami pecah ke dalam empat tim pada uji coba nanti," kata Wakil Ketua Umum Perbasasi Agus Leo Cahyono dalam jumpa pers di Jakarta, Senin.

Leo mengatakan pertandingan uji coba di lapangan bisbol Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta itu akan disaksikan pengawas dari Federasi Bisbol Asia untuk mendapatkan sertifikasi lapangan.

"Kami menggunakan sistem setengah kompetisi lalu langsung pada putaran final pada Sabtu (5/1). Para pemain sudah mengikuti pelatnas sejak Januari dan saat ini sudah masuk seleksi tahap kedua," kata Leo.

Perbasasi, lanjut Leo, juga menjalin kerjasama dengan Federasi Bisbol Jepang untuk pelatihan pelatih pada Mei.

"Atlet-atlet yang sudah masuk dalam tim inti itu akan mengikuti Kejuaraan Divisi Timur Asia di Hong Kong pada 28 Juni," kata Leo.

Leo mengatakan tim Indonesia akan masuk dalam pool A pertandingan cabang bisbol Asian Games bersama Jepang, China, dan Hong Kong. Sedangkan pool B akan diisi Taiwan, Korea Selatan, Filipina, dan Paksitan.

"Sampai saat ini, Indonesia masih masuk peringkat sembilan di Asia. Kami berusaha meraih gelar juara di Hong Kong agar dapat naik ke peringkat lima Asia sehingga masih tetap berada di pool A saat Asian Games," kata Leo.

Pertandingan bisbol Asian Games akan digelar di lapangan bisbol GBK Senayan dan lapangan bisbol di Rawamangun, Jakarta Timur.

Baca juga: Parade dan kirab obor Asian Games akan digelar di sejumlah daerah

Baca juga: Dua Korea berkomitmen berpartisipasi dalam Asian Games 2018

Baca juga: Palembang siapkan karnaval budaya menuju Asian Games

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018