Beirut (ANTARA News) – Kelompok ISIS, yang telah mengklaim serangan pisau mematikan di Paris akhir pekan ini, merilis sebuah video pada Minggu (13/0) dari seorang pria muda yang mereka klaim adalah pelaku serangan itu yang bersumpah setia kepada kelompok teroris tersebut.

Kantor berita propaganda ISIS, Amaq mengunggah video menggunakan Telegram, menampilkan seorang pemuda yang mengenakan tudung dan penutup mulut hingga hanya matanya yang terlihat.

Dia berbicara dalam bahasa Prancis serta dia bersumpah setia kepada pemimpin ISIS Abu Bakr al Baghdadi.

Serangan penikaman di pusat kota Paris pada Sabtu malam oleh seorang pelaku, kemudian tewas ditembak oleh polisi, menyebabkan satu orang tewas dan empat lainnya terluka.

"Pelaku serangan pisau ini di Paris adalah seorang prajurit dari ISIS dan operasi ini dilakukan sebagai balasan terhadap negara-negara anggota koalisi," kata seorang "narasumber keamanan" di Amaq, mengacu kepada pasukan internasional termasuk Prancis yang memerangi ekstremis di Suriah dan Irak.

Polisi telah mengidentifikasi penyerang berusia 20 tahun itu sebagai Khamzat A., yang tumbuh bersama keluarganya di Strasbourg, Prancis timur, rumah bagi komunitas besar pengungsi Chechnya, ujar salah satu narasumber kepada AFP.

Baca juga: ISIS klaim bertanggung jawab atas serangan di Paris

Penerjemah: Monalisa
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018