Jakarta (ANTARA News) - Setelah Duke dan Duchess of Sussex memulai hidup baru sebagai suami istri, operasi bersih-bersih secara besar-besaran dilakukan di Windsor yang menjadi tempat pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle.

Dikutip Guardian, pagar-pagar pembatas dicopot, truk-truk berjejer di jalan kota Berkshire di mana saluran televisi dari penjuru dunia mulai berkemas dan pengumpul sampah mulai masuk.

Sekitar 100.000 orang diperkirakan datang ke kota tersebut untuk pernikahan kerajaan dan melihat langsung penampilan Meghan dalam gaun pernikahan Givenchi, yang menjuntai hingga lima meter dan tudung kepala yang dihiasi tiara berlian Queen Mary, di mana dia dan Harry diarak kereta kencana melewati jalan-jalan di sekitar Kastil Windsor.

Di dalam Kapel St. George yang dibangun dari abad ke-15, selebritas papan atas termasuk Oprah Winfrey, Serena Williams dan George serta Amal Clooney duduk bersama anggota kerajaan lain, termasuk Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip.

Baca juga: Daftar selebriti yang hadiri pernikahan Harry-Meghan

Ibu dari mempelai wanita, Doria Ragland (61), instruktur yoga dan pekerja sosial dari Los Angeles adalah satu-satunya keluarga Meghan yang hadir.

600 tamu menikmati resepsi makan siang di Kastil Windsor yang diramaikan penampilan Elton John.

Harry dan Meghan berganti baju, menaiki mobil klasik biru perak Jaguar milik Pangeran Charles ke resepsi malam dekat Frogmore House. 

Baca juga: Jaguar Classic E-Type, mobil listrik Pangeran Harry pada Royal Wedding

Kembang api menghiasi angkasa di Windsor pada malam hari menyusul makan malam eksklusif untuk 200 tamu. James Corden disebut membawakan acara dan DJ Sam Totolee tampil di acara tersebut.

Kondisi kembali normal di Windsor pada Minggu pagi, di mana Naziq Hussain, manajer Esquires Coffee, mengatakan, "Kemarin kau tidak bisa bergerak di sini, tapi pagi ini tampak seperti Minggu biasa, kecuali ada kru televisi."

"Ada truk yang membawa pagar-pagar ketika saya masuk kerja pukul 7 pagi. Mereka langsung diangkut dalam semalam. Hari ini kau takkan menyangka ada acara sebelumnya. Operasi pembersihan langsung dilakukan setelah acara selesai. Sangat terencana dan berlangsung baik."

Ayah Meghan Markle, Thomas Markle, tidak bisa datang akibat masalah kesehatan. Dia yang harusnya mengiringi Meghan ke altar pernikahan akhirnya digantikan Pangeran Charles. 

Thomas menonton pernikahan putrinya lewat televisi di Meksiko, tempatnya menetap, dia mengaku sangat emosional.

"Saya beraharap ada di sana. Saya mendoakan mereka dengan cinta dan semoga mereka bahagia," katanya pada TMZ.

Baca juga: Kata ayah Meghan Markle soal pernikahan putrinya

Tidak ada keluarga lain Meghan yang diundang ke pernikahan, termasuk saudari tirinya Samantha Markle (53) dan Thomas Markle Jnr (51), keduanya vokal menyuarakan kritikan mengenai adik mereka jelang pernikahan.

Mengenai mereka, ayahnya mengatakan, "Saya berdoa Harry dan Meghan bisa beristirahat dan menjalani bulan madu yang menyenangkan, dan agar semua anggota keluarga saya bisa menutup mulut mereka."

Baca juga: Pangeran Harry dan Meghan tunda bulan madu

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018