Untuk itu tidak boleh lagi ada jalan jelek, pelabuhan jelek, kalau infrastruktur masih jelek, maka kita akan kalah bersaing dan ini pondasi dasar
Majalengka (ANTARA News) -  Seorang siswa SLTA bernama Robi Darwis bertanya mengenai tahapan menuju Indonesia Emas 2045 kepada Presiden Joko Widodo dan presiden yang lebih akrab disapa dengan Jokowi itu menjawab bahwa untuk menuju Indonesia Emas pada 2045 ada beberapa tahapan yang harus dilalui mulai dari sekarang agar nanti bisa masuk lima besar ekonomi dunia.

"Tahapan pertama agar bisa menjadi Indonesia emas, yaitu dari bidang ekonomi, di mana infrastruktur harus diperbaiki, agar bisa bersaing dengan negara lain," kata Kepala Negara di Majalengka, Jawa Barat, menjawab pertanyaan Robi Darwis.

Menurut Presiden, Indonesia sebagai negara besar harus bisa memanfaatkan sumber dayanya, baik sumber daya alam maupun manusia.

Untuk saat ini, kata Jokowi, guna meningkatkan perekonomian, pemerintah fokus membangun infrastruktrur karena dengan cara itu perekonomian bisa ditingkatkan.

"Fokus kita kali ini adalah membangun infrastruktur, agar bisa bersaing dengan negara lain," kata Jokowi.

"Untuk itu tidak boleh lagi ada jalan jelek, pelabuhan jelek, kalau infrastruktur masih jelek, maka kita akan kalah bersaing dan ini pondasi dasar," sambung sang presiden.

Selain masalah infrastruktur, tahapan selanjutnya adalah investasi sumber daya manusia demi memajukan negara.

"Tahap kedua investasi di sumber daya manusia, yaitu meng-upgrade skill (keterampilan) semua anak muda, baik di universitas, teknik dan yang lain," kata Presiden Jokowi.

Dengan tahapan itu, Jokowi berharap Indonesia bisa masuk lima besar ekonomi dunia pada 2045.

"Dan diharpakan ketika anak-anakku sudah bisa memasuki posisi yang penting, maka kita bisa masuk lima besar ekonomi dunia," kata Jokowi.

Baca juga: BIJB Kertajati terintegrasi dengan Pelabuhan Patimban

 

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018