Mississippi dan Florida umumkan keadaan darurat

Mississippi dan Florida umumkan keadaan darurat

Ilustrasi topan (Grafis)

Washington (ANTARA News) - Negara bagian di AS Tenggara, Mississippi dan Florida, pada Sabtu (26/5) secara terpisah mengumumkan keadaan darurat sebelum Topan Sub-Tropis Alberto bergerak ke arah Gulf Coast.

Ada kekhawatiran topan tersebut akan membawa hujan lebat serta mengakibatkan banjir bandang.

Gubernur Florida Rick Scott mengatakan pada Sabtu pagi bahwa keadaan darurat yang diumumkannya mencakup semua 67 distrik guna "mempersiapkan kedatangan hujan lebat dan banjir parah yang akan dibawa topan ini".

Gubernur Mississippi Phil Bryant juga mengumumkan keadaan darurat dan instruksi "untuk mempersiapkan Pengawal Nasional serta sumber daya lain, kalau mereka diperlukan".

Topan Alberto diramalkan bergerak ke arah utara menuju Teluk Meksiko pada akhir pekan, demikian laporan Xinhuai.

Pusat topan tersebut melewati sebelah barat Kuba, Florida Keys dan daratan utama Florida, dan diperkirakan bergerak ke arah Louisiana Timur, Florida Panhandle dan pantai Alabama serta Mississippi, kata ABC News di dalam laporannya.

Alberto adalah topan yang berumur pendek, dan dampaknya yang paling nyata ialah di sebelah timur pusatnya. Hujan lebat diperkirakan akan mempengaruhi sebagian besar Florida dan Gulf Coast pada akhir pekan, kata laporan tersebut.
 
Pewarta : Chaidar Abdullah
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2018