Presiden Jokowi akan terima kunjungan PM India

Presiden Jokowi akan terima kunjungan PM India

Dokumentasi Pertemuan Presiden Jokowi dan PM India Presiden Indonesia Joko Widodo (ki) berjabat tangan dengan Perdana Menteri India Narendra Modi dalam sesi foto menjelang pertemuan mereka di Hyderabad House di New Delhi, India, Senin (12/12/2016). (REUTERS/Adnan Abidi)

Jakarta (ANTARA News) - Presiden RI Joko Widodo akan menerima kunjungan Perdana Menteri India, Shri Narendra Modi di Istana Negara, Jakarta, pada 29-31 Mei 2018, seperti disampaikan dalam keterangan pers dari Kementerian Luar Negeri yang diterima di Jakarta, Minggu.

Presiden Jokowi dan PM Modi Alan membahas berbagai upaya until memperkuat kemitraan strategis antarkedua negara.

Kedatangan PM Modi tersebut merupakan kunjungan resmi pertama ke Indonesia sebagai balasan atas kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo ke India pada Desember 2016 dan ketika menghadiri ASEAN-India Commemorative Summit pada Januari 2018.

Kedua pemimpin rencananya akan membahas isu-isu bilateral, regional dan global. Agenda bilateral akan mencakup area kerja sama yang ditujukan untuk keuntungan bersama di bidang politik, pertahanan dan keamanan, maritim, ekonomi, serta penguatan hubungan antarmasyarakat dan kebudayaan.

Terkait agenda pembicaraan regional dan global, Presiden RI dan PM India akan membahas kondisi dan tantangan yang dihadapi bersama di kawasan dan global saat ini, serta cara bagi kedua negara until bekerjasama dan berkontribusi nyata bagi penciptaan kawasan dan dunia yang damai, aman dan sejahtera.

Kunjungan PM Narendra Modi juga dilaksanakan dalam rangka menyambut peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-India pada 2019 mendatang.

Dalam rangkaian acara kunjungan, akan diselenggarakan pula pertemuan kedua Indonesia-India CEO Forum. Forum ini akan dihadiri oleh para CEO Indonesia dan India yang akan menghasilkan rekomendasi bersama untuk kemudian disampaikan kepada Presiden Joko Widodo dan PM Narendra Modi.

Dalam kunjungan PM India tersebut, kemitraan strategis Indonesia dan India juga akan didorong melalui penandatanganan sejumlah nota kesepahaman.
Pewarta : Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2018