Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, mengakui produktivitas industri akan turun akibat dari libur panjang Idul Fitri yang lebih lama dari biasanya.

“Kemarin kan transportasi barang dibatasi, ditambah liburan tentu produktivitas bulan ini pasti turun. Tapi kan bisa dikejar di kuartal III,” kata Airlangga, pada acara halal bi halal di kediamannya di Jakarta, Jumat.

Pada sisi lain, libur panjang akan membawa dampak positif terhadap industri makanan dan minuman,  serta industri pariwisata. “Tekstil juga akan meningkat. Terlebih akan ada Pemilu, industri printing itu akan meningkat juga,” ujar Airlangga.

Sekjen Kementerian Perindustrian, Haris Munandar, menambahkan, industri alas kaki juga akan tumbuh positif saat Lebaran.

“Pokoknya fashion itu bagus. Hanya saja kalau libur panjang ini pasokan untuk ekspornya yang agak terganggu,” kata dia.

Kendati demikian, dia yakin setiap industri memiliki caranya sendiri untuk mengatasi pemenuhan produk dalam negeri maupun ekspor. “Pasti mereka punya cara untuk mengantisipasi ini. Tapi ya kalau bisa liburnya jangan terlalu panjang ya,” kata dia.


 

Pewarta: Sella Gareta
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018