Jakarta (ANTARA News) - Calon gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berharap tim nasional Jerman menjadi juara Piala Dunia 2018 yang digelar di Rusia.

"Jerman itu tidak mengandalkan satu atau dua orang saja karena kualitas pemainnya merata," ujar Ridwan Kamil ketika ditemui usai menghadiri halal bi halal ("open house") di kediaman Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Oesman Sapta Odang, Jakarta, Sabtu.

Pria yang biasa disapa Kang Emil ini memperkirakan, ada dua tim yang menjadi lawan berat bagi Jerman di Piala Dunia 2018 yakni Spanyol dan Prancis.

"Namun saya kira kekuatan negara-negara dunia sekarang sudah semakin seragam," tutur pria berusia 46 tahun yang mengaku menggemari Mesut Oezil dan Thomas Mueller itu.

Berbicara soal tim jagoan di Piala Dunia 2018, Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie yang juga hadir di rumah Oesman Sapta juga angkat bicara.

Jimly mengatakan, dirinya mendukung tim nasional Spanyol menjadi kampiun.

"Saya lebih tertarik ke Spanyol. Mungkin nasib saja bisa sama kuat 3-3 melawan Portugal di pertandingan terakhir," tutur Ketua Mahkamah Konstitusi periode 2003-2008 tersebut.

Piala Dunia 2018 yang berlangsung 14 Juni-15 Juli 2018 di Rusia memang menjadi magnet bagi pencinta bola di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Di Tanah Air, tidak hanya masyarakat umum, demam kejuaraan empat tahun ini sekali juga menghinggapi para pejabat.

Seperti misalnya, Ketua DPD Oesman Sapta Odang yang senang jika Portugal menjadi juara. Sedangkan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin berharap Spanyol yang keluar sebagai kampiun.

Baca juga: Pelatih Meksiko favoritkan Jerman juara dunia lagi
Baca juga: Loew coret nama-nama besar Jerman, termasuk Leroy Sane
Baca juga: Sane tidak masuk timnas Jerman untuk Piala Dunia

Pewarta: Michael Teguh Adiputra S
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2018