Alasan ibu hamil harus jaga kesehatan gusi

Alasan ibu hamil harus jaga kesehatan gusi

Ilustrasi ibu hamil (REUTERS/Newscom)

Jakarta (ANTARA News) - Perempuan hamil harus menjaga seluruh asupan gizi dan gaya hidup agar perkembangan janin optimal, termasuk kesehatan gusi yang bila diabaikan dapat mempengaruhi buah hati.

Jika perempuan hamil tidak memperhatikan kebersihan mulut dan terkena radang gusi, akibatnya bisa berdampak pada kandungan.

Radang gusi yang tidak ditangani akan bertambah parah dan bisa menyebabkan infeksi di tempat lain (focal infection).

“Periodontitis pada ibu hamil bisa berpengaruh pada janin, berat badan bayi bisa menjadi tidak ideal bahkan bisa cacat,” kata dokter gigi spesialis periodonsia Dedy Yudha Rismanto di media gathering, Jakarta, Kamis (28/6).

Penyakit gusi juga bisa menyebabkan gangguan pada jantung dan pencernaan bila kumannya terbawa hingga ke organ tersebut.

Penyakit gusi seperti radang sebagian besar disebabkan oleh plak yang tidak dibersihkan. Gejala-gejala awal penyakit gusi ini ditandai oleh pendarahan, gusi bengkak dan ngilu serta bau mulut (halitosis).

Yudha menjelaskan beberapa cara mencegah terjadinya radang gusi, di antaranya menjaga kebersihan dan kesehatan mulut, rajin menyikat gigi dan berkumur, menyantap makanan-makanan sehat serta rutin kontrol ke dokter gigi minimal dua kali setahun.

Baca juga: Berdarah saat menyikat gigi? Waspada radang gusi

Baca juga: Gusi berdarah pertanda berhenti sementara menyikat gigi?

Baca juga: Tentang bau mulut saat lansia
Pewarta : Nanien Yuniar
Editor: Monalisa
COPYRIGHT © ANTARA 2018