Ambon (ANTARA News) - Kapolda Maluku Irjen Pol Andap Budhi Revianto bersama rombongan mengunjungi posko bencana banjir yang dibangun polda di kawasan Ahuru, Kota Ambon.

"Posko banjir Polda Maluku ini disiapkan untuk mengantisipasi seklaigus membantu masyarakat setempat yang terkena dampak bencana banjir akibat hujan deras selama tiga hari dan menjebol tanggul," kata Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol Muhammad Roem Ohoirat di Ambon, Jumat (29/6).

Posko itu mulai difungsikan ketika air sungai yang meluap membobol tanggul dan meluber ke pemukiman warga setinggi 1,5 meter dan merendam rumah penduduk.

Menurut dia, kunjungan Kapolda dan Wakapolda Brigjen Pol Akhmad Wiyagus bersama sejumlah pejabat utama Polda Maluku sebagai bagian dari kebersamaan dengan anggota yang bersiaga di posko banjir untuk membantu masyarakat.

"Kunjungan ini sekaligus memotivasi anggota dan menyampaikan apresiasi atas respons cepat dalam membantu masyarakat," katanya.

Dalam kesempatan itu, Kapolda bersama rombogan juga melihat secara langsung kondisi masyarakat yang terkena musibah banjir serta berkomunikasi dan menyampaikan imbauan kamtibmas seperti memadamkan aliran listrik saat banjir agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Kapolda juga memberikan bingkisan berupa makanan dan minuman kepada anggota yang sementara bersiaga di posko penanggulangan banjir.

Para anggota juga diingatkan untuk tetap bersemangat karena tugas yang dijalankan selain berbentuk pengabdian kepada masyarakat, juga merupakan ibadah kepada Allah SWT.

Akibat hujan lebat yang mengguyur Pulau Ambon dan sekitarnya selama tiga hari berturut-turut mengakibatkan terjadinya bencana longsor dan banjir pada sejumlah kawasan, namun tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Pewarta: Daniel Leonard
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018