Berdasarkan laporan yang saya terima sementara ini jumlah korban sebanyak 34 orang dan selamat 155 orang. Dan jumlah penumpang itu tidak sesuai manifest,"
Makassar (ANTARA News) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan terkait tragedi kecelakaan laut kapal penyeberangan Kapal Motor (KM) Lestari Maju pada Selasa (3/6) yang dikandaskan di Perairan Selayar, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

"Berdasarkan laporan yang saya terima sementara ini jumlah korban sebanyak 34 orang dan selamat 155 orang. Dan jumlah penumpang itu tidak sesuai manifest," ujar dia sesaat tiba dari Selayar di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Rabu.

Menhub kepada wartawan mengatakan data serta informasi yang diperoleh belum sepenuhnya valid dan masih dilengkapi tim termasuk laporan dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sementara dikerjakan.

Budi menyebutkan peristiwa ini juga terkait dengan jumlah penumpang berbeda dengan data manifest penumpang, sehingga ini menjadi salah satu evaluasi terhadap transportasi pelayaran. Dari data manifest tercacat 139 orang sementara dievakuasi 189 orang.

Ia menyampaikan dirinya saat tiba di Selayar menggunakan pesawat, langsung menuju ke tempat kejadian perkara (TKP) di Pantai Pabadilan Kecamatan Bontomatene, Kepulauan Selayar. Bahkan ia menyempatkan ke rumah sakit setempat dan juga salah satu rumah korban untuk memberikan semangat.

"Kami bersama TNI, Polri dan Basarnas serta seluruh pihak terkait berupaya melakukan pertolongan semaksimal mungkin kepada korban. Keselamatan adalah hal yang penting, tentu dengan kejadian ini kita evaluasi sepenuhnya," katanya.

Mengenai korban meninggal dunia, Budi telah menyampaikan kepada PT Jasa Raharja selaku pihak asuransi transportasi kecelakaan untuk memberikan santunan kepada para korban.

"Bagi korban meninggal diberikan Rp50 juta, sesuai dengan ketentuan dalam asuransi. Kami turut berbelasungkawa kepada keluarga korban atas kejadian ini," papar dia.

Sebelumnya, KM Lestari Maju dikandaskan oleh nahkoda di wilayah Desa Bongayya Kecamatan Bontomatene sekitar pukul 12.15 WITA ?setelah melakukan pelayaran dari Pelabuhan Tanjung Bira Kabupaten Bulukumba menuju Pelabuhan Pamatata Kabupaten Kepulauan Selayar.

Di tengah perjalanan kapal tersebut mengalami kebocoran di lambung kiri kapal, sehingga nahkoda terpaksa mengkandaskan kapal tersebut agar tidak terjadi resiko besar karena posisi kapal beberapa mil mendekati daratan.

Baca juga: Korban meninggal KMP Lestari Maju jadi 35 orang

Baca juga: Komisi V DPR nilai pemerintah tidak belajar dari kecelakaan perairan

Baca juga: Ketua DPR ingatkan Kemenhub tingkatkan pengawasan ASDP

Baca juga: Uang Rp30 miliar di KM Lestari Maju selamat


(M050/L004)

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018