Surabaya (ANTARA News) - Tiga kelompok terbang (kloter) jamaah calon haji diinapkan di Asrama Haji Sukolilo Surabaya dan dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci pada Selasa pekan ini, kata pejabat Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Jatimr Achmad Faridul Ilmi di Surabaya, Senin mengatakan, tiga kloter pertama Embarkasi Surabaya yang hari ini memasuki Asrama Haji Sukolilo Surabaya berasal dari Kabupaten Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi.

"Rombongan kloter 1 dan 2, yaitu dari Situbondo dan Bondowoso, sudah tiba di Asrama Haji Sukolilo Surabaya pada sekitar pukul 10.00 tadi pagi," ujarnya.

Sedangkan untuk kloter 3 dari Kabupaten Banyuwangi, menurut jadwal, akan menyusul tiba di Asrama Haji Sukolilo Surabaya nanti malam, pada sekitar pukul 21.00 WIB.

Tiap kloter berjumlah 450 orang calon haji plus lima orang petugas haji. "Setiap hari nantinya selalu ada tiga kloter jamaah calon haji yang masuk ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya. Mereka akan menginap semalam sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci pada keesokan harinya," katanya.

Faridul menjelaskan, selama berada di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, jamaah akan menjalani pemeriksaan kesehatan dan dokumen perjalanan.

Prosedur keimigrasian, seprti pengambilan biometrik dan sidik jari yang biasanya dilakukan saat tiba di bandara tujuan, pada tahun ini dilakukan di setiap embarkasi/keberangkatan jamaah calon haji. Itu juga dilakukan di Asrama Haji Sukolilo Embarkasi Surabaya," ujarnya.

Dengan begitu saat jamaah calon haji sudah sampai di bandara Arab Saudi, tidak perlu dilakukan pengambilan biometrik dan sidik jari lagi, katanya.
Petugas membantu jamaah calon haji kelompok terbang (kloter) 2 dari Kabupaten Bondowoso tiba di Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES), Surabaya, Jawa Timur, Senin (16/7/2018). Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya menerima kedatangan 445 jamaah calon haji kloter 2 dari Kabupaten Bondowoso untuk dikaratina sebelum diberangkatkan ke Arab Saudi pada Selasa (17/7/2018).


Baca juga: Polrestabes siap amankan keberangkatan calon haji Embarkasi Surabaya

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo/Hanif Nashrullah
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018