Gerindra akan usung Prabowo jadi capres bukan "king maker"

Gerindra akan usung Prabowo jadi capres bukan

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Jakarta (ANTARA News) - Partai Gerindra akan mengusung ketua umumnya Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) pada pemilu 2019 dan bukan sebagai "king maker".

"Partai Gerindra akan mendeklarasikan capres bersamaan dengan cawapres, sebelum tanggal 10 Agustus 2018," kata Ketua DPP Partai Gerindra, Nizar Zahro, di Jakarta, Rabu.

Menurut Nizar, Partai Gerindra masih terus membangun komunikasi dengan partai-partai politik, termasuk dengan Partai Demokrat untuk membangun koalisi. Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto juga terus membangun komunikasi sejumlah lembaga maupun tokoh dan elite partai politik.

"Partai Gerindra akan mengusung capres Prabowo Subianto, sedangkan cawapresnya bisa berasal dari parpol mitra koalisi atau dari profesional," kata Nizar.

Menurut Nizar, Partai Gerindra sudah membangun komunikasi intensif dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Amanat Nasional (PAN), dan akan menerima Partai Demokrat jika ingin berkoalisi dengan Partai Gerindra. Partai Gerindra, kata dia, memiliki komitmen dalam membangun koalisi tidak asal dapat mengusung pasangan capres-cawapres, tapi membuat strategi dapat memenangkan pemilu presiden 2019.

"Karena itu, Partai Gerindra akan membangun koalisi dengan mengajak sebanyak-banyaknya partai politik," ujarnya.

Anggota Komisi X DPR RI ini menjelaskan, kalau koalisi hanya dua partai dan partai mitra koalisi mengusung cawapres, maka koalisinya sudah lama terbentuk. "Namun, Partai Gerindra juga mencari mitra koalisi untuk bersama-sama memenangkan pemilu presiden," katanya.

Sementara itu, Prabowo Subianto, di Jakarta, Selasa (17/7) petang, menyatakan sudah bertemu dengan Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani, yang juga putri ketua umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. "Saya baru bertemu dengan Mbak Puan, pertemuan kekeluargaan saja," katanya.

Namun, Prabowo enggan menjelaskan dimana tempat pertemuan tersebut. Ketika ditanya, soal pembicaraan dalam pertemuan tersebut, Prabowo berkilah pertemuan kekeluargaan saja. "Masak semua pembicaraan saya mau disampaikan ke publik," katanya.
Pewarta : Riza Harahap
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2018