Pengamat yakini Prabowo akan jadi "king maker"

Pengamat yakini Prabowo akan jadi

Arsip Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto memberikan pidato politiknya saat perayaan HUT ke-10 Partai Gerindra di Kantor DPP Partai Gerindra, Jakarta, Sabtu (10/2/2018). HUT ke-10 Partai Gerindra bertemakan 'Rebut Kembali Indonesia Raya. (ANTARA/Reno Esnir)

Jakarta (ANTARA News) - Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago meyakini Prabowo Subianto tidak akan maju dalam Pilpres 2019, melainkan hanya akan menjadi seorang "king maker" yang bertarung di balik layar.

"Saya hakul yakin Prabowo bakal tidak maju. Akan jadi 'king maker'," ujar Pangi di Jakarta, Rabu. 

Pangi menakar, Prabowo memiliki banyak pertimbangan. Soal logistik, soal beban mental Prabowo yang pernah kalah dua kali dalam Pilpres, hingga soal sisi humanis dan keluarga yang bisa "digembosi" atau terus diserang lawan politik demi menurunkan elektabilitasnya.

Pangi memandang, Prabowo jauh lebih terhormat dan disegani apabila mengatur dari belakang layar capres dan cawapres yang kelak diusung. Prabowo pun akan jadi seorang negarawan.

"Tidak perlu Prabowo berdarah-darah dan jadi bemper," ujarnya. 

Menurut Pangi, Prabowo ditakdirkan Tuhan menjadi seorang "king maker". Prabowo dianugerahi tangan dingin dan talenta dalam mengatur dan menyiapkan pemimpin. 

Prabowo adalah orang yang membawa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Jokowi dan Sandiaga Uno memimpin Jakarta. 

Prabowo, menurut dia, akan seperti Megawati Soekarnoputri, SBY dan Jusuf Kalla yang memainkan peran mengatur strategi di belakang layar. 

"Tinggal menunggu apakah Prabowo akan memberi kejutan. Apakah beliau pada saat 'injure time' atau 'last minute' akan mengajukan paket capres dan cawapres yang sudah digodok dan disepakati di partai koalisi," jelas Pangi.
Pewarta : Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2018