Jakarta (ANTARA News) - Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) menjanjikan bonus bagi peraih medali emas pada Kejuaraan Dunia Wushu Junior di Brasil, 9 - 16 Juli sebagai bentuk apresiasi terhadap prestasi yang diraih.

Data yang dihimpun media dari PB WI di Jakarta, Rabu, pada kejuaraan dunia tersebut kontingen Indonesia yang berkekuatan 20 atlet mampu meraih dua medali emas, sepuluh perak dan tujuh perunggu. Untuk emas berhasil diraih Jevon Kusmoyo dari nomor Taijiquan B dan Lawrence Dean Kurnia di nomor Daou Shu C.

Wakil Ketua Umum I PB Wushu Andi S mengaku sangat bangga dengan pencapaian para atlet wushu yang tampil di kejuaraan dunia wushu junior itu. Hal tersebutkan menunjukkan proses regenerasi atlet berjalan dengan baik.

"PB memang sudah merencanakan pemberian bonus. Untuk bonus sendiri akan diberikan bersamaan dengan bonus dari atlet yang sukses meraih medali Asian Games," katanya.

Menurut Andi, wushu merupakan salah satu cabang olahraga yang diandalkan oleh Indonesia. Ini dibuktikan dari berbagai kejuaraan tingkat internasional, di mana tim wushu Indonesia mampu meraih medali emas. Misalnya, dalam kejuaraan wushu disiplin sanda di Moskow, Rusia pada 16-20 Februari 2018, tim Merah Putih merebut tiga medali emas, dua perak, dan satu perunggu..

Sebelumnya, pada Kejuaraan Dunia Wushu ke-14 di Kazan, Rusia 28 September-3 Oktober 2017 dengan diikuti sebanyak 60 negara, Indonesia mampu mengumpulkan satu dua emas, 10 perak, dan tujuh perunggu. Capaian itu membuat Indonesia berhasil menempati posisi sembilan di kejuaraan tersebut.

Untuk itu, PB Wushu Indonesia terus memacu semangat para atlet binaannya agar tetap menjadi kebanggaan bagi seluruh bangsa Indonesia. Latihan dengan benar menjadi kunci untuk meraih prestasi tinggi. Masa depan atlet juga sudah ditetapkan.

"Atlet ini akan menjadi pelapis kedua untuk tim wushu Indonesia. Jadi, kita akan terus mengevaluasi para atlet setiap mengikuti kejuaraan-kejuaran nasional maupun Internasional," kata Andi menambahkan

Sementara, Sekretaris Deputi III Bidang Pemberdayaan Olahraga Syamsudin mengatakan pemerintah juga akan mengapresiasi keberhasilan para atlet wushu yang sukses mengharumkan nama Indonesia di Brasil.

"Pihak Kemenpora akan berkoordinasi terlebih dengan PB wushu terkiat apresiasi penghargaan atlet muda wushu Indonesia ini," katanya menegaskan. 

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018