Pekanbaru (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau menetapkan Syamsuar-Edy Natar Nasution sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih 2019-2024 hasil Pilkada 2018.

Penetapan dilakukan melalui rapat pleno terbuka penetapan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau terpilih tahun 2018 di hotel Aryaduta, Pekanbaru, Selasa.

"Putusan rapat penetapan ini tanpa permohonan perselisihan di Mahkamah Konstitusi RI," kata Ketua KPU Riau Nurhamin di Pekanbaru.

Nurhamin tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada semua pihak dalam hal ini TNI, Polri, Kejaksaan Tinggi Riau, Lembaga Adat Melayu Riau dan tokoh masyarakat yang sudah mendukung suksesnya Pilkada Riau 2018 yang aman dan tertib.

Ia juga mengatakan ini bagian dari tahapan KPU yang patut disyukuri karena tanpa sengketa dan semua Paslon melalui saksinya menandatangi keputusan sejak awal.

"Semoga ini model demokrasi yang santun di negeri Melayu, " ucapnya.

Sementara itu Ketua Lembaga Adat Melayu Riau Al Azar mengucapkan selamat kepada Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Syamsuar-Edy Natar Nasution.

Al Azar berpesan Gubernur terpilih setelah ini harus ingat pada janji politiknya saat kampanye dan mewujudkan satu persatu selama masa jabatannya.

"Janji kepada rakyat harus jadi prioritas gubernur terpilih," ujar Al Azar.

Selanjutnya ia berharap Gubernur terpilih harus bersatu padu untuk menyelesaikan permasalahan di Riau.

"Riau kini banyak masalah, kita berharap dan yakin itu bisa diselesaikan oleh Gubernur terpilih dengan bersatu padu bersama masyarakat," tambahnya.

Sementara itu Gubernur terpilih Syamsuar tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang sudah turut menyukseskan Pilkada Riau yang aman. Terutama kepada penyelenggara KPU dan Bawaslu, dan Gubernur serta Forkopinda.

"Ini adalah satu penghormatan karena Pilkada berjalan aman, tidak lupa buat masyarakat Riau yang sudah berikan amanat. Saat ini kita tidak melihat perbedaan mari bersatu padu membangun Riau, " ujar Syamsuar.

Pantauan antara dilapangan proses rapat pleno terbuka penetapan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau terpilih tahun 2018 hanya dihadiri oleh Paslon yang memenangi Pilkada yakni Syamsar -Edy Natar Nasution, sementara tiga kontestan lainnya tidak tampak.

Padahal KPU sebelumnya sudah melayangkan undangan resmi kepada semua Paslon nomor 2,3 dan 4.

Data dihimpun antara dari perolehan suara di Pilkada 2018 Riau, Paslon nomor urut 1 yakni Syamsuar - Edy Natar Nasution berhasil memperoleh suara tertinggi sebanyak 799.289 atau 38,20 persen dari total 2.092.526 suara sah.

Tempat kedua terbanyak diraih Paslon no 4, Arsyadjuliandi - Suyatno dengan 507.187 atau 24,24 persen. Kemudian disusul no 3, Firdaus - Rusli Effendi dengan perolehan 416.248 atau 19,89 persen dan paling buncit nomor urut 2, Lukman Edi -Hardianto 369.802 atau 17,67 persen.

Pewarta: Fazar Muhardi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018