Kami relawan yang siap menghadapi berbagai risiko. Kami bukan relawan yang `kemayu` dan pengecut. Karenanya, kami siap melaksanakan permintaan Pak Jokowi untuk berani menghadapi orang yang mengajak `berantem`."
Depok (ANTARA News) - Ketua Umum Relawan Jokowi Mania (Joman) Immanuel Ebenezer menegaskan siap melaksanakan setiap perintah Joko Widodo dan akan berada di barisan terdepan untuk menghadapi risiko apapun.

"Kami relawan yang siap menghadapi berbagai risiko. Kami bukan relawan yang `kemayu` dan pengecut. Karenanya, kami siap melaksanakan permintaan Pak Jokowi untuk berani menghadapi orang yang mengajak `berantem`," kata Immanuel Ebenezer dalam keterangan tertulisnya, Selasa.

Presiden Jokowi saat menghadiri Rapat Umum Relawan Jokowi di Sentul International Convention Center (SICC) pada Sabtu (4/8) dalam pidatonya menyinggung kampanye pada saat Pilpres 2019.

"Nanti apabila masuk ke tahap kampanye, lakukan kampanye yang simpatik. Tunjukkan diri kita relawan yang bersahabat dengan semua golongan. Jangan bangun permusuhan, jangan membangun ujaran kebencian, jangan membangun fitnah-fitnah, tidak usah suka mencela, tidak usah suka menjelekkan orang, tapi kalau diajak `berantem` juga berani," kata Presiden.

Dalam rapat umum ini, hadir para relawan Jokowi dari berbagai organisasi. Beberapa di antaranya adalah Jokowi Mania (Joman), Projo, Bara JP , Seknas Jokowi, Almisbat, Duta Jokowi, Rumah Kreasi Indonesia Hebat (RKIH) Galang Kemajuan, hingga Buruh Sahabat Jokowi.

Immanuel mengatakan, pernyataan Jokowi merupakan energi besar yang memberikan semangat juang kepada para relawannya. Bagi Joman tidak ada rasa gentar sedikit pun untuk melaksanakan permintaan Jokowi tersebut.

"Kalo boleh diistilahkan melalui kalimat jawara adalah, `pantang gua jual, tapi kalo lo jual, pasti gua beli`. Kira-kita itulah sikap Joman. Artinya selalu siap menghadapi berbagai risiko yang akan terjadi," ujar Immanuel.

Dikatakannya banyak persepsi yang muncul atas pernyataan Jokowi tersebut. Misalnya, "berantem" yang dimaksud Jokowi adalah mengadu konsep, ide, dan program. Bukan berantem fisik.

"Persepsi begitu tentu saja merupakan persepsi yang bijak. Tapi, sekali lagi bagi Joman, apapun situasi yang akan terjadi, siap menghadapinya," katanya.

Immanuel juga mengajak relawan Jokowi yang lain untuk membangun patriotisme dan keberanian yang bulat, sebagaimana patriotisme dan keberanian para pahlawan yang menegakkan kebenaran.

Joman sangat meyakini perjuangan yang sedang dilakukan Jokowi dalam pemerintahannya semata-mata hanya untuk bangsa dan negara. "Tentu saja untuk kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia," ujarnya.

Baca juga: Relawan: Jokowi sebut "berani berantem" hanya kiasan

Baca juga: Relawan: Siapapun cawapres Jokowi kami terima

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018