BUMN salurkan bantuan sosial bagi warga Rote

BUMN salurkan bantuan sosial bagi warga Rote

Menteri BUMN Rini Soemarno (kedua kanan) menyaksikan sejumlah direktur utama dari sembilan BUMN menyerahkan bantuan senilai Rp2,2 miliar kepada masyarakat kabupaten Rote Ndao yang diterima oleh Bupati Rote Lens Haning (ketiga kanan) di Desa Oebela, Rote Ndao, NTT, Senin (13/8/2018). Sejumlah BUMN tersebut adalah PT. Len Industri (Persero), Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, Telkom, PLN, ASDP, Pertamina dan PT Pegadaian yang bantuannya berupa sumur bor, lampu jalan tenaga surya, lampu sehen, pompa air tenaga surya, pembanguna rumah ibadah, sanitasi MCK serta genset untuk pos pengamanan pulau terluar. (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)

Rote Ndao, (ANTARA News) - Sebanyak sembilan perusahaan Badan Usaha Milik Negara menyalurkan bantuan sosial senilai Rp2,2 miliar bagi warga Desa Oebela, Kabupaten Rote, Nusa Tenggara Timur yang merupakan pulau terdepan.

Menteri BUMN Rini M Soemarno saat memberikan sambutannya di hadapan ratusan warga Desa Oebela, Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote, Senin, menyampaikan apresiasi kepada seluruh BUMN yang terlibat dalam pemberian bantuan tersebut.

"Terima kasih bagi semua BUMN yang sudah memberikan kepeduliannya. Saya yakin bantuan yang diberikan sangat bermanfaat bagi masyarakat dan saya terus mendorong agar BUMN terus meningkatkan kepeduliannya bagi masyarakat, terutama yang berada di wilayah terdepan Indonesia," kata dia.

Sejumlah BUMN yang memberikan bantuan sosial tersebut adalah PT LEN Industri, BRI, Mandiri, BNI, PT PLN, PT Pegadaian, PT Pertamina, PT Telkom Indonesia, dan PT ASDP Indonesia Ferry.

Ia mengatakan bahwa kehadiran BUMN di tengah masyarakat Indonesia hendaknya bukan hanya mencetak keuntungan namun juga ikut meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Salah satunya adalah membantu masyarakat di setiap daerah, seperti yang dilakukan hari ini di sini," katanya.

Sejumlah bantuan yang diberikan kepada masyarakat di Kabupaten Rote Ndao itu, antara lain pembangunan lampu penerangan jalan umum yang memanfaatkan tenaga surya, pemberian pompa air, pemberian "lampu sehen" di rumah warga, layanan perbankan hingga sarana dan prasarana ibadah.

Demi mendukung tugas personel TNI di pulau terluar, sejumlah BUMN juga memberikan bantuan berupa mesin genset, motor gerobak, serta kompresor.

Kepala Desa Oebela Simson M Hanas mengatakan kegiatan itu membantu masyarakat desa setempat, khususnya dalam hal penerangan. "Mewakili masyarakat desa, saya ingin sampaikan terima kasih atas bantuan pemerintah pada hari ini," tuturnya.

Ia mengharapkan ke depan listrik di daerah tersebut bisa segera dibangun mengingat sampai dengan saat ini desa tersebut belum mendapatkan jaringan listrik.*

Baca juga: Rini resmikan BTS tenaga surya di Rote

Baca juga: BUMN Hadir - Siswa Mengenal Nusantara Manado jelajahi Pulau Rote


 
Pewarta : Kornelis Aloysius Ileama Kaha
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2018