TKN Jokowi-Ma'ruf bertemu perwakilan relawan

TKN Jokowi-Ma'ruf bertemu perwakilan relawan

Ketua Kelompok Relawan Seknas Jokowi, Muhammad Yamin, diwawancara wartawan usai pertemuan dengan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, di Posko Cemara, Menteng, Jakarta, Selasa (14/8/2018) malam. (Foto: Istimewa)



Jakarta (ANTARA News) - Tim Kampanye Nasional pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (TKN capres-cawapres) Joko Widodo dan Ma'ruf Amin bertemu dengan perwakilan dari sekitar 20 kelompok relawan.

Pertemuan berlangsung dalam suasana santai tapi serius di Posko Cemara, Menteng, Jakarta, Selasa (14/8) malam.

Hadir pada pertemuan tersebut, dari TKN Jokowi-Ma'ruf adalah sekretaris jenderal (sekjen) dari lima parpol Koalisi Indonesia Kerja (KIK) yakni, Hasto Kristiyanto (PDI Perjuangan), Lodewijk Frederick Paulus (Partai Golkar), Johny G Plate (Partai Nasdem), Ahmad Rofiq (Partai Perindo) dan Verry Surya Hendrawan (PKPI). 

Sementara itu, dari simpul-simpul relawan pemenangan Jokowi-Ma'ruf, hadir antara lain perwakilan dari relawan Seknas, Sekber Jokowi, Projo, Bara JP dan Almisbat.

Ketua kelompok relawan Seknas Jokowi, Muhammad Yamin usai pertemuan mengatakan, pertemuan TKN Jokowi-Ma'ruf dengan simpul relawan guna menyelaraskan visi dan menyeragamkan gerak langkah dalam menghadapi pemilu 2019. Pertemuan tersebut juga membahas dan menyelaraskan agenda-agenda pemenangan pasangan Jokowi-Ma'ruf.

"Pertemuan malam ini, baru pertemuan permulaan. Akan ada pertemuan-pertemuan lanjutan untuk menyelaraskan visi dan menyeragamkan gerak langkah," katanya.

Yamin menjelaskan, pada pertemuan malam ini TKN masih mengidentifikasi kelompok-kelompok relaewan yang tersebar di aeluruh Indonesia. "Dari rapat umum relawan sebelumnya, tercatat ada sekitar 108 kelompok relawan, baik berkala nasional maupun lokal," katanya.

Penyelarasan agenda relawan dengan TKN, menurut Yamin, termasuk kerja sama di lapangan, sampai keselarasan dalam membangun narasi untuk  memenangkan hati rakyat.  

"Intinya kita menyamakan frekuensi. Kelompok relawan kan banyak jenis kegiatannya. Ada yang di bidang perburuhan, pertanian, sosmed, milenial, kelompok pengajian, dan sebagainya,” kata Yamin.

Pada pertemuan tersebut, kata Yamin, TKN Jokowi-Ma'ruf juga menyatakan akan memberikan posko kepada para relawan. Namun para relawan menyatakan akan  mengadakan kegiatan sendiri dan di tempat sendiri, tapi dalam satu alur komunikasi dengan tim kampanye serta agenda yang selaras.

Sementara itu, Sekretaris TKN Jokowi-Ma’ruf, Hasto Kristiyanto mengatakan penyelarasan agenda dengan relawan sangat penting karena pembentukan relawan merupakan aspirasi dari masyarakat yang menginginkan kembali kepemimpinan Jokowi. 

"Kampanye tidak hanya representasi partai, tetapi juga ada representasi tokoh dan juga relawan yang muncul sebagai kesadaran dan keinginan rakyat terhadap pemimpin yang jujur yang bekerja, yang merakyat dengan penuh amanah,” kata Hasto.

Hasto juga mengingatkan, setiap relawan harus mempunyai basis penggalangan pemilih atau ruang lingkup yang jelas. "Bahkan harus ada yang hadir sebagai tamengnya Pak Jokowi, tamengnya Kiai Ma'ruf, menghadapi berbagai serangan-serangan," ujar Sekjen PDI Perjuangan ini.

Baca juga: Pemilih milenial diyakini tak akan berpaling dari Jokowi
Baca juga: Pengamat katakan hoaks tetap ramai pada Pemilu 2019

 
Pewarta : Riza Harahap
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2018