Super Junior D&E bicara mini album baru

Super Junior D&E bicara mini album baru

Super Junior Donghae dan Eunhyuk (D&E) saat tampil perdana sebagai subunit Super Junior di Jakarta, 4 September 2017 (ANTARA News/ Lia Wanadriani Santosa)

Jakarta (ANTARA News) - Super Junior Donghae dan Eunhyuk (D&E) akan kembali meramaikan dunia K-pop melalui mini album terbaru berjudul "Bout You", yang merupakan rekaman kedua setelah "The Beat Goes On" pada Maret 2015 .

"Bout You" yang berarti "Dari Kepala hingga Kaki" merupakan ciptaan Donghae. Suatu hal yang jarang bagi musisi SM Entertainment menulis judul album sendiri.

Lagu berjenis trap hip-hop ini menggambarkan pengakuan cinta seorang laki-laki dengan latar belakang jalanan New York.

"Trap hip-hop adalah genre yang sudah banyak orang kenal, tapi untuk Super Junior-D & E, ini adalah yang pertama," kata Donghae dalam wawancara dengan Kantor Berita Yonhap belum lama ini.

"Aku bekerja keras mencari tahu musik apa yang didengar pendengar dari sekolah dasar hingga ke universitas dan bagaimana musik yang mereka sukai menggerakkan mereka," kata Donghae.

"Bahkan selama tur dunia Super Junior, aku bertanya kepada penggemar lokal tentang musik apa yang mereka sukai dan alasannya," sambung dia.

Donghae berkisah, lagu karyanya ini merupakan hasil pertemanannya dengan Eunhyuk, dan menangkap esensi pesona keduanya dari perspektif orang dalam.

"Aku bertemu Eunhyuk pada usia 15 dan (persahabatan panjang kami) memungkinkanku untuk mengetahui kapan dia bersinar paling cerah," kata Donghae yang kini berusia 32 tahun.

"Aku terkadang kecewa, ketika kami diberi lagu-lagu tertentu yang dibuat oleh orang lain karena Eunhyuk tidak cocok dengan bagian-bagian tertentu dari lagu-lagu itu," tutur pelantun "Oppa Oppa" itu.  

"Perasaan kurang itu membuatku bekerja untuk menyusun lagu. Aku harap ini akan menjadi hadiah yang memuaskan bagi para penggemar kami yang sudah lama menunggu," sambung dia.

Baca juga: Super Junior - D&E akan rilis album ketiga di Jepang

Menjangkau penggemar lebih mudah

Bila format Super Junior mendorong para personelnya untuk go global, subunit Super Junior D&E berfungsi sebagai outlet untuk lebih memudahkan menjangkau para penggemar.  

"Super Junior sedang menghadapi tantangan global. Para personel Super Junior sedang merenung apakah mereka harus kembali dengan citra baru," tutur Eunhyuk.

Sebaliknya, sambung dia, Super Junior D & E berusaha menghadirkan lagu-lagu easy-listening bergenre trap hip-hop. Alasannya, karena generasi muda sangat akrab dengan itu.

Duo ini mengatakan mereka tidak terlalu tertekan dengan seberapa baik capaian musik mereka di tangga lagu, meskipun mereka terkadang "khawatir" dengan peringkat.

"Karena kami tahu melalui konser kami dan kegiatan lain yang kami sangat dicintai oleh penggemar kami, kami tidak berada di bawah tekanan dalam hal peringkat," ujar Donghae dan Eunhyuk.

"Peringkat bukan satu-satunya elemen yang mengevaluasi seniman. Kami akan terus berjalan di jalur kami sendiri," sambung mereka.

Baca juga: Super Junior D&E akan luncurkan mini album kedua

Baca juga: Derita kolesistitis, Leeteuk Super Junior jalani operasi

Baca juga: Usai wajib militer, Ryeowook Super Junior ingin terus aktif di panggung
Pewarta : Lia Wanadriani Santosa
Editor: Monalisa
COPYRIGHT © ANTARA 2018