Jakarta (Antara News) – Kemudahan akses terhadap jaringan transportasi umum dianggap menjadi pertimbangan utama bagi para pencari rumah, meskipun lokasi berada jauh dari pusat perkotaan. Hal ini terungkap melalui Survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H2-2018.

Melibatkan 1000 responden, 87 persen diantaranya menyatakan kedekatan hunian dengan sarana transportasi umum, baik itu halte bus, stasiun kereta, dan lainnya, adalah hal yang penting. 

"Pencari properti, khususnya hunian, saat ini sudah semakin realistis. Mereka sadar bahwa harga hunian di dekat pusat kota sudah semakin sulit dijangkau," ujar Head of Marketing Rumah.com, Ike Hamdan.

Dengan demikian, lanjut Ike, pencari rumah tidak keberatan membeli rumah di kota-kota penyangga Jakarta seperti Bogor, Bekasi ataupun Tangerang. "Asalkan jarak dari rumah ke sarana transportasi terjangkau," tuturnya.

Sebanyak 61 persen responden menegaskan bahwa jarak rumah ke sarana transportasi umum 'Sangat Penting' dalam pertimbangan mencari hunian, sementara 26 persen menegaskan 'Penting'.

Sementara itu, batas toleransi jarak dari hunian ke sarana transportasi umum adalah di bawah 1km. Pada jarak ini, sebanyak 51 persen responden menganggapnya dekat atau sedang. 

"Mencari properti yang tepat sesuai kebutuhan dan kemampuan bukan perkara mudah. Perlu pertimbangan yang cermat agar tidak salah langkah," pungkas Ike.


Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2018